Garuda Layani Banda Aceh-Jeddah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Garuda Layani Banda Aceh-Jeddah

Foto Garuda Layani Banda Aceh-Jeddah

* Mulai 3 Mei

BANDA ACEH – Bulan depan, PT Garuda Indonesia Airways membuka rute penerbangan reguler langsung dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Banda Aceh, ke Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Penerbangan perdananya dilaksanakan pada 3 Mei, merupakan lanjutan dari penerbangan Solo-Banda Aceh-Jeddah menggunakan pesawat berbadan lebar Airbus 330-300 dengan kapasitas 360 tempat duduk (seat).

General Manager PT Garuda Indonesia Aceh, Nano Setiawan kepada Serambi, Selasa (19/4) mengatakan, penerbangan Banda Aceh-Jeddah merupakan penerbangan reguler yang akan terbang dua kali seminggu, yaitu hari Selasa dan Kamis. Untuk tahap awal, penerbangan Garuda dimulai 3 Mei sampai dengan 9 Juni.

“Alhamdulillah, Gubernur Aceh sangat mendukung program ini, karena kita menilai penerbangan langsung Garuda Indonesia Banda Aceh-Jeddah mempunyai banyak keuntungan, sehingga jemaah tak perlu lagi transit di Medan, Jakarta, dan Kualalumpur. Bagi jemaah yang sudah lanjut usia pun dengan penerbangan langsung ini akan sangat terbantu, begitu juga dengan penanganan bagasi jamaah umrah nantinya,” kata Nano kemarin.

Menurut Nano, penerbangan awal ini disesuaikan dengan kondisi pasar umrah saat ini, di mana saat memasuki bulan puasa Ramadhan nyaris tak ada jemaah umrah yang berangkat dari Aceh.

“Untuk penerbangan rute tersebut, Garuda Air akan menggunakan pesawat jenis Air Bus 330-300 dengan jumlah tempat duduk 360 seats. Sebanyak 260 kursi untuk jamaah melalui Solo dan 100 kursi untuk jamaah melalui Bandara SIM,” kata Nano.

Jadwal penerbangannya, tambah Nano, berangkat dari Banda Aceh pada pukul 15.55 WIB dan tiba di Banda Aceh pada pagi hari pukul 10.00 WIB.

Jadwal ini, kata Nano, sangat sesuai dan dapat membantu jamaah umrah yang ada di Banda Aceh, Sabang, Aceh Besar, Pidie Jaya, Bener Meriah, Bireuen, Takengon, Aceh Barat, Aceh Jaya, Nagan Raya, dan daerah lainnya untuk bisa berangkat dari daerah masing-masing dalam satu hari.

“Jam terbang Banda Aceh-Jeddah nantinya hanya akan ditempuh dalam waktu 7 jam 45 menit. Ini jelas sangat singkat daripada bila jamaah Aceh terbang melalui daerah lain. Untuk penerbangan awal ini, kami berikan harga promo Banda Aceh-Jeddah PP sebesar Rp 11.555.000,” sebut Nano.

Dia tambahkan, Garuda juga dapat menampung jamaah dari Medan dan Jakarta dengan connecting flight yang sangat fleksibel. “Apabila memang harus menginap, kita bisa minta bantuan untuk menggunakan fasilitas asrama haji untuk menampung jemaah umrah itu,” ucapnya.

Penerbangan perdana jamaah umrah asal Aceh nantinya akan dilepas Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah pada 3 Mei di Bandara SIM. Menurut Nano, sudah lama pihak Garuda merencanakan penerbangan jamaah umrah Banda Aceh-Jeddah, namun dulu belum ada perusahaan travel yang mendapat izin penyelenggaraan perjalanan umrah di Aceh. Tapi sekarang program ini sudah terwujud, tentunya berkat dukungan Pemerintah Aceh, DPRA, pemkab/pemko di Aceh, dan pihak perusahaan travel. (avi)


(uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id