Rencana Eksplorasi Bijih Besi Ditolak | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Rencana Eksplorasi Bijih Besi Ditolak

  • Reporter:
  • Rabu, April 20, 2016
Foto Rencana Eksplorasi Bijih Besi Ditolak

* Oleh Mahasiswa untuk Proyek di Subulussalam

BANDA ACEH – Himpunan Mahasiswa Lae Soraya (HIMALAYA) berunjuk rasa di Bundaran Simpang Lima, Banda Aceh, Selasa (19/4). Mereka menolak rencana eksplorasi tambang bijih besi di Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam oleh PT Organik Semesta Subur.

Amatan Serambi, puluhan mahasiswa melancarkan aksinya sekira pukul 14.00 WIB di bawah pengawalan polisi. Massa juga berorasi bergantian dan mengusung sejumlah poster bertuliskan kecaman terhadap rencana eksplorasi yang disebut-sebut telah mengantongi izin dari pemerintah provinsi dan Pemko Subulussalam.

Koordinator Aksi Muhammad Joni dalam orasinya menyebutkan PT Organik Semesta Subur akan segera melakukan eksplorasi tambang bijih besi berdasakan izin usaha pertambangan yang dikeluarkan Wali Kota Subulussalam. Surat bernomor 18845/1133/TAHUN 2014 itu tertanggal 24 September 2014 tentang penciutan wilayah dan perpanjangan izin usaha pertambangan (IUP) eksplorasi PT Organik Semesta Subur.

“Kami melakukan aksi ini karena hati nurani, kami tidak ingin tanah kami dirusak oleh PT-PT yang selama ini sama sekali tidak memberi dampak positif bagi masyarakat. Justru, daerah kami tercemar limbah, erosi, dan lebih parahnya lagi PT-PT itu sama sekali tidak memperhatikan kesejahteraan masyarakat setempat,” kata Joni.

Saat demo itu, massa juga mendesak Pemerintah Aceh dan Pemko Subulussalam jangan asal-asalan mengeluarkan izin eksplorasi tambang di seluruh Aceh. “Jangan asal saja, tapi turun ke lapangan lihat kondisinya, kami sudah menderita jangan tambah penderitaan kami. Jangan ambil hak rakyat, apa yang kami suarakan hari ini adalah untuk rakyat, untuk masyarakat Subulussalam,” tegas Joni. Massa juga membagikan selebaran untuk pengguna jalan yang melintas. (dan) (uri/hon//JK)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id