Selfi dan Smsan Saat Berkendara Sama Bahayanya | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Selfi dan Smsan Saat Berkendara Sama Bahayanya

Foto Selfi dan Smsan Saat Berkendara Sama Bahayanya

DOSEN Jurusan Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala (FMIPA Unsyiah), Dr Taufik Fuadi Abidin SSi MTech mengatakan, risiko yang timbul dari perilaku selfie di lokasi ekstrem dan riskan, sama bahayanya dengan mengetik layanan pesan singkat (sms) saat berkendara.

“Sayangnya selfie yang menjadi fenomena itu tidak dibarengi dengan kesadaran bahwa safety itu sangat penting. Ketika selfie, seseorang tak mampu membagi perhatiannya kepada kamera dan situasi di sekitarnya secara bersamaan,” kata Taufik sembari menyebut banyak laka lantas terjadi akibat penggunanya bersms sambil berkendara.

Menurutnya, selfie menjadi fenomena baru seiring berkembangnya media sosial (medsos) yang tak bisa dibendung. Setiap orang dengan sangat mudah berbagi hal yang disukainya dengan biaya murah. Namun, katanya, hal tersebut akan menjadi masalah jika tanpa edukasi.

“Masyarakat harus diedukasi bahwa selfie itu tidak dilarang. Tapi demi keselamatan, pelaku selfie harus menguasai keadaan di sekitarnya sebelum mengabadikan momen itu,” kata dia sambil menyebut bahwa pelaku selfie sering terinspirasi hal ekstrem dari pengguna lainnya yang sudah tenar di dunia maya.

Menurut peraih doktor bidang Computer Science di North Dakota State University, Amerika Serikat, ini kecanggihan teknologi ibarat mata pisau yang bisa digunakan ke arah positif atau negatif oleh penggunanya. Namun, bagi pengguna di bawah umur harus diawasi. “Misalkan gadget, semakin canggih alatnya, maka harus semakin ketat pula pengawasan orang tua,” kata dosen yang juga Kepala UPT TIK Unsyiah ini.

Khusus untuk pencinta medsos di bawah umur, dia ingatkan bahwa orang tua harus terlibat dalam aktivitas anaknya di dunia maya. “Ikut berteman dengan anak dalam medsos merupakan bentuk pengawasan yang lebih baik. Kecanggihan teknologi saat ini tak dapat ditolak dan fenomena selfie sudah melanda dunia,” ujar Taufik. (fit) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id