Kemensos Hapus 3.247 RTS Abyda | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kemensos Hapus 3.247 RTS Abyda

Foto Kemensos Hapus 3.247 RTS Abyda

BLANGPIDIE – Kementerian Sosial (Kemensos) RI mengeluarkan 9.321 Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk keluarga miskin atau disebut Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Data tersebut merupakan hasil verifikasi Kemensos RI dari data sebelumnya yang diserahkan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisosnakertrans) setempat sebanyak 12.568 RTS.

Dengan demikian berarti ada 3.247 keluarga miskin di Kabupaten Abdya tidak lolos verifikasi untuk menerima KKS. Sedangkan KKS adalah pengganti Kartu Pelindungan Sosial (KPS) yang menjadi persyaratan bagi keluarga miskin untuk mendapatkan sejumlah bantuan sosial. Kepala Kantor Pos Blangpidie Muspiari kepada Serambi, Jumat (15/4) mengatakan pihaknya telah menerima sebanyak 9.321 KKS untuk disalurkan kepada RTS dalam sembilan kecamatan. Tetapi, Muspiari tidak mengetahui soal pengurangan KKS hasil verifikasi Kemensos RI.

“Tugas kami menyalurkan KKS yang sudah dikemas dalam amplop tertutup itu sesuai nama dan alamat yang tertera,” katanya. Penyaluran sebanyak 9.321 KKS kepada RTS dilaksanakan oleh Kantor Pos Blangpidie, Kantor Pos Manggeng dan Kantor Pos Kuala Batee. Penyaluranya meliputi sembilan kecamatan, Blangpidie, Blangpidie, Setia, Tangan-tangan, Susoh dan Jeumpa. Selanjutnya, Kecamatan Manggeng dan Lembah Sabil serta Kecamatan Kuala Batee dan Babahrot.

Muspiari menjelaskan KKS yang sudah diterima keluarga miskin atau RTS di sembilan kecamatan tersebut nantinya menjadi syarat untuk mendapatkan bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) tahun 2016 atau bantuan sosial lainnya. Muspiari menjelaskan, Kemensos RI baru sebatas mengirimkan sebanyak 9.321 Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk disalurkan kepada sasaran. Sedangkan dana bantuan sosial untuk disalurkan kepada keluarga miskin atau RTS pemegang KKS belum diterima pihaknya.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisosnakertrans) Abdya Nazaruddin kepada Serambi mengatakan belum menerima hasil verifikasi Kemensos terhadap data RTS di Abdya. Hanya saja ia baru menerima informasi lisan Kantor Pos sudah menerima KKS untuk disalurkan kepada RTS dalam sembilan kecamatan. Nazaruddin mengakui sebelumnya telah mengirim data sebanyak 12.568 RTS untuk diverifikasi Kemensos RI.

“Tetapi, hasil verifikasi tersebut hingga saat ini belum kami terima,” ungkap Nazaruddin. “Dan, kalau benar bahwa Kantor Pos sudah menerima sebanyak 9.321 KKS, itu berarti ada sekitar 3.247 RTS tidak lolos verifikasi untuk menerima KKS atau bantuan sosial,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Kadisosnakertrans Abdya Nazaruddin menjelaskan verifikasi oleh Kemensos RI terhadap data calon penerima KKS karena penerima Kartu Perlindungan Sosial (KPS) sebelumnya menimbulkan protes dari sebagian warga. Dalam data tersebut banyak ditemukan penerima tidak layak karena secara ekonomi dinilai mampu, dan ada pula keluarga miskin yang sangat layak, tetapi tidak masuk dalam daftar sebagai penerima.(nun) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id