Wabup Pidie Lapor ke Pimpinan PT SI | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Wabup Pidie Lapor ke Pimpinan PT SI

Foto Wabup Pidie Lapor ke Pimpinan PT SI

* Terkait Konflik Warga Batee dengan PT SCA

SIGLI – Menyahuti aksi demo ratusan warga Gampong Kulee, Kecamatan Batee, Pidie, Sabtu (16/4) dilokasi pertapakan pembangunan pabrik semen, Wakil Bupati Pidie, H Iriawan SE kemarin menegaskan, pihak PT Samana Citra Agung (SCA) telah diajak untuk menyelesaikan segala persoalan.

“Saat ini, saya di Jakarta bersama pihak PT Semen Indonesia (SI) dalam rangka mengunjungi Semen Gresik. Terkait tuntutan warga Kulee, Batee, kepada PT SCA ini sudah kami laporkan kepada Pimpinan PT SI,” sebut Iriawan yang dihubungi via telepon, Minggu (17/4).

Pada intinya, pihak PT SCA tetap komit menyelesaikan segala persoalan masa lalu antara warga dengan perusahaan mitra PT Semen Indonesia (SI) ini, agar pembangunan pabrik semen di kawasan Laweung ini tetap berjalan. Apalagi semua pihak termasuk masyarakat mendukung penuh terbangunnya pabrik itu yang kelak mendorong pengembangan ekonomi warga. Terutama, untuk menampung tenaga kerja serta pertumbuhan ekonomi penduduk sekitar pabrik.

Menurut Iriawan, PT SI telah mempersiapkan program Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap masyarakat sekitar pabrik, berupa perhatian terhadap dunia pendidikan, kesehatan, kebersihan lingkungan. “Persoalan ini akan menjadi prioritas untuk ditangani dalam bentuk program CSR,” jelasnya.

Terkait keuntungan lainnya yang bisa diterima daerah atas berdirinya pabrik ini yaitu meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD), seperti yang didapat Pemerintah Kabupaten Tuban, Jawa Timur, yang menerima pemasukan Rp 120 miliar setahun dari pabrik Tuban. “Kelak nantinya, hal serupa juga dilakukan oleh PT SI kepada pemerintah Pidie, sesuai MoU dan Qanun Retribusi,” jelasnya.

Sabtu ((16/4) lalu, Wabup Pidie dan jajaran Pemkab yang mengunjungi kantor PT SI di Gedung The East Mega, Kuningan, Jakarta, disambut langsung Direktur Utama PT SI, Ir Suparni, bersama jajaran direksi. Selanjutnya, rombongan Pemkab Pidie juga melakukan kunjungan ke pabrik semen Gresik dan Tuban Jawa Timur guna melihat langsung kegiatan pabrik semen di daerah tersebut.

Dalam pertemuan itu, PT Semen Indonesia berjanji akan mengedepankan sistem dan teknologi ramah lingkungan, permintaan pemerintah daerah.

“Ini momen pengkajian, apa keuntungan dan mudharat bagi kabupaten yang telah dibangun pabrik semen, dan pada intinya Pemkab dan warga Pidie mendukung penuh program pembangunan pabrik, selama kebersihan lingkungan terjamin, dan tidak ada persoalan dengan masyarakat sekitar pabrik. Ini jelas keuntungan besar bagi daerah,” demikian Iriawan.(c43) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id