Krisis Air Bersih di Sabang Berlanjut | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Krisis Air Bersih di Sabang Berlanjut

Foto Krisis Air Bersih di Sabang Berlanjut

SABANG – Macetnya suplai air PDAM Tirta Aneuk Laot Sabang sejak dua bulan terakhir, hingga Sabtu (15/4) belum teratasi. Hal itu disebabkan mesin pompa untuk distribusi air rusak.

Hidayat, seorang pelanggan PDAM Tirta Aneuk Laot kepada Serambi Jumat (15/4) menyebutkan, sudah mencapai dua bulan suplai air milik perusahaan milik daerah itu macet. Lambannya Pemerintah Kota (Pemko) Sabang mengatasi persoalan air tersebut membuat masyarakat sangat sengsara.

“Bayangkan masyarakat Sabang sudah dua bulan membeli air bersih di depot untuk kebutuhan memasak dan mencuci,” ujar Hidayat. Menurutnya, kemacetan air bersih di Sabang sudah terjadi berulang kali dan berlangsung cukup lama. Begitupun hingga kini belum ada solusi dari pihak PDAM dalam mengatasi masalah kemacetan distribusi air tersebut.

“Gangguan distribusi air terus berlangsung dari tahun ke tahun. Kami berharap pihak PDAM Tirta Aneuk Laot segera mengatasi kemacetan distribusi air tersebut,” pintanya.

Sementara Direktur PDAM Tirta Aneuk Laot, Cut Faisal Syahputra SH, kepada Serambi membenarkan bahwa dalam beberapa waktu terakhir ini distribusi air terganggu. Terhentinya distribusi air itu disebabkan karena mesim pompa di sumber Cot Damar, Krueng Pancu dan Danau Aneuk Laot rusak akibat dimakan usia.

Katanya, untuk membeli mesin pompa baru PDAM tak memiliki dana. Begitupun, kini sebagian mesin pompa yang rusak itu sedang dalam proses perbaikan. “Diperkirakan dalam dua pekan ini distribusi air ke rumah warga kembali lancar,” ujar Cut Faisal.

Selain itu, untuk mengatasi kemacetan suplai air tersebut, kata Cut Faisal, pihaknya sudah memasang mesin pompa cadangan di Danau Aneuk Laot, namun distribusi air juga belum maksimal. Agar distribusi air tetap lancar, menurut Cut Faisal maka perlu pengadaan mesin pompa yang baru.(az) (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id