Google Voice Permudah Pencarian di ‘Mbah’ Google | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Google Voice Permudah Pencarian di ‘Mbah’ Google

Foto Google Voice Permudah Pencarian di ‘Mbah’ Google

APLIKASI perintah suara pada perangkat pintar kian populer, salah satunya Google Voice Search yang ada pada Android. Hebatnya, ternyata sistem ini bekerja bak otak manusia.

Mahasiswi Ilmu Komunikasi Unsyiah, Dedek Arianti menuturkan, sebenarnya perintah suara ini sudah menggaung pada akhir 2011 lalu. Tapi fitur ini masih populer di kalangan mahasiswa karena bisa digunakan untuk mencari hal-hal yang sederhana sekalipun.

Apalagi kepopuleran perintah suara Google Voice ini sering dimanfaatkan mahasiswa saat mengerjakan tugas, mencari jawaban dari setiap soal-soal ilmiah dari dosen.

“Banyak digunakan juga untuk mencari alamat rumah teman, melihat ramalan cuaca, memeriksa jadwal, dan beberapa hal ringan lain hanya dengan memerintahnya,” ujar gadis berdarah Pidie ini kepada SerambiTechno, Sabtu (16/4).

Adapun cara kerjanya, dara kelahiran Pangkalan Berandan, 24 Mei 1993 ini menjelaskan, pengguna Android dapat mendownload (mengunduhnya) di Playstore, setelah terpasang, pengguna android bisa menyerukan apa yang ingin diketahuinya. Setelah itu ketika pengguna handphone berbicara dengan Google Voice, maka spectrogram yang diucapkan akan dikirim ke server Google. Dan Google akan mencarikan apa yang ingin kita ketahui.

Menurutnya, ada beberapa tahap sebelum Google Voice mengenali apa yang diperintahkan penggunanya. Pertama, sistem akan coba mengenali konsonan dan vokal dari pengguna, data ini kemudian dipakai untuk ‘menebak’ perintah yang dimaksud.

Namun bukan asal tebak, di sini Google mengklaim memiliki pola menjawab dengan menggunakan pola syaraf yang ada di otak manusia. Sehingga hasil yang diharapkan bisa lebih presisi dan mesin bisa menjawab secara alami.(avi) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id