Air PDAM Lebih Sering Macet | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Air PDAM Lebih Sering Macet

Foto Air PDAM Lebih Sering Macet

* Ke Pelanggan Tirta Mon Pase di Syamtalira Aron

LHOKSUKON – Suplai air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mon Pase, Aceh Utara, ke pelanggan di sejumlah desa dalam Kecamatan Syamtalira Aron, macet lagi sejak tiga hari yang lalu. Beberapa desa yang suplai air bersih terhenti total antara lain Desa Calong, Manyang Baroh, Peureupok, dan beberapa desa lainnya.

Menurut informasi yang dihimpun Serambi, macetnya suplai air bersih sampai berhari-hari, sudah berulangkali terjadi dalam bulan ini. Sebelumnya, kondisi yang sama juga dialami pelanggan PDAM Tirta Mon Pase di Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kecamatan Seunuddon, dan Kecamatan Baktiya.

“Kami kesal karena dalam bulan ini sudah beberapa kali macet sampai berhari-hari. Bahkan lebih sering macetnya dari pada lancarnya. Biasanya kalau air PDAM macet, kami pakai air sumur walaupun keruh dan bau. Tapi sekarang air sumur juga krisis, makanya kami mengeluh,” Azhar, warga Desa Peurepok, Syamtalira Aron kepada Serambi, Sabtu (16/4).

Seharusnya, kata Azhar, dalam kondisi seperti inilah PDAM berupaya menjaga ketersediaan air, dalam kondisi warga kesulitan mencari air bersih, selain membeli pada pedagang keliling. Ia menyebutkan, warga jadi enggan melapor karena sebelumnya warga sudah pernah melapor, tapi tak ada tindakan apapun dari pihak terkait.

“Kami melapor ketika ada kebocoran pipa di kawasan kami, agar air tak terbuang sia-sia dan menyebabkan suplai air ke rumah warga tak lancar. Tapi sampai satu minggu belum ada petugas yang turun ke lokasi,” katanya. Selain itu, pembayaran rekening meteran air tiap bulan tetap sama, meski dalam bulan tersebut suplai air tidak lancar.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRK Aceh Utara, Abdul Mutaleb, juga mengaku kecewa pada pelayananPDAM Tirta Mon Pase. Ia mengatakan, proses pemilihan direktur yang baru beberapa waktu lalu memakan waktu yang lama, dengan harapan mendapat pejabat yang bisa memperbaiki kinerja PDAM sehingga warga mendapatkan pelayanan yang baik pula.

“Proses seleksi terhadap Direktur Utama PDAM itu memakan waktu yang cukup lama. Kami berpikir ketika itu wajar saja karena untuk mendapatkan pemimpin perusahaan yang berkompeten harus lebih selektif. Tapi ternyata kinerjanya tak lebih baik dari sebelumnya,” pungkas pria yang akrab disapa Taliban itu.

Direktur Utama PDAM Tirta Mon Pase Aceh Utara, Zainuddin Rasyid kepada Serambi menjelaskan, suplai air macet beberapa hari yang lalu ke kawasan Syamtalira Aron karena ada pipa yang patah. Sehingga sekarang harus dibawa ke bengkel las untuk diperbaiki. Kemungkinan, Senin (18/4) besok, baru dapat dilakukan pemasangan kembali.

“Selain itu, air dalam water intake (tempat penampungan) di Water Treatment Plant (WTP/instalasi pengolahan air) yang berada di kawasan Desa Teupin Punti, Kecamatan Syamtalira Aron, juga sudah berkurang. Sehingga suplai airnya ikut berkurang. Ini juga disebabkan debit air di sungai mengecil,” demikian Zainuddin Rasyid.(jaf) (uri/gie/iyadie/OR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id