Halau Massa, Polisi Lepaskan Tembakan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Halau Massa, Polisi Lepaskan Tembakan

Foto Halau Massa, Polisi Lepaskan Tembakan

* Saat Penyergapan Tersangka SS

LHOKSUKON – Aparat Satuan Narkoba dibantu Reserse Kriminal dan Intel Polres Lhokseumawe terpaksa melepaskan tiga tembakan peringatan ke udara saat meringkus dua tersangka sabu-sabu di Desa Mon Geudong, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Kamis (14/4) sekitar pukul 22.30 WIB karena upaya polisi menangkap tersangka dihadang massa.

Kedua tersangka, Mah (32) dan Boy (23), asal Desa Mon Geudong berteriak minta tolong ketika diringkus polisi, sehingga mengundang solidaritas massa untuk membantunya, tapi berhasil dikendalikan petugas.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Anang Triarsono melalui Kasat Narkoba AKP Sofyan kepada Serambi, Jumat (15/4) menyebutkan, setelah mendapat informasi dari warga tentang seringnya terjadi transaksi di desa itu, lalu ia menurunkan sepuluh petugas mendatangi lorong 1 di desa itu dengan cara menyamar.

Sebagian petugas, kata AKP Sofyan, berjalan kaki, sebagian lainnya naik sepeda motor (sepmor) dan sebuah mobil. “Kita sudah mapping (petakan) sejak magrib di kawasan itu. Tapi, di lorong 1 petugas tidak menemukan pria yang sudah lama menjadi target operasi tersebut,” ujar Kasat Narkoba Polres Lhokseumawe.

Lalu, petugas menuju ke lorong 3, tapi juga tak menemukan tersangka yang dicari. Petugas kemudian bergerak ke lorong 2. Petugas juga tak menemukan kedua tersangka, meski kawasan itu selama ini sering menjadi lokasi transaksi sabu-sabu. “Meski belum berhasil ditemukan, petugas masih terus berupaya mencarinya,” kata Kasat Narkoba.

Sesampai di lorong 5, petugas melihat kedua pria tersebut, lalu mengejarnya karena mereka berupaya kabur saat melihat petugas. Tak lama kemudian petugas berhasil meringkus keduanya di salah satu lorong desa itu.

“Keduanya berhasil kita ringkus dalam waktu yang hampir bersamaan di lokasi itu,” ujar AKP Sofyan.

 Tersangka teriak
Saat diringkus petugas, kata Kasat Narkoba, kedua pria itu berteriak minta tolong kepada teman-temannya, sehingga massa berdatangan ke lokasi itu untuk menghadang petugas. Melihat massa hendak menggagalkan penangkapan itu, petugas melepaskan tiga tembakan ke udara dan menghubungi Satuan Reskrim dan Intel Polres Lhokseumawe.  

Tak lama berselang, petugas reskrim dan intel langsung menuju lorong lima dari dua arah (Jalan Pase dan arah jalan samping Kantor Pajak Lhokseumawe), sehingga massa pun langsung kucar-kacir.

Kemudian, kedua tersangka langsung digiring ke Mapolres Lhokseumawe untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Kita lepaskan tembakan ke udara sebagai peringatan agar massa tak menghalangi tugas polisi yang sedang berupaya meringkus tersangka SS. Saat itu, mereka hampir saja mendekat ke arah polisi. Lalu tersangka diamankan di Mapolres Lhokseumawe untuk menjalani pemeriksaan,” katanya.

Dari tangan tersangka, kata AKP Sofyan, polisi berhasil mengamankan delapan paket sabu-sabu (2,32 gram) dan 17 kemasan plastik transparan. “Keduanya selama ini sering mengedarkan SS di kawasan itu, sehingga ketika mendapat informasi dari warga petugas langsung bergerak cepat untuk meringkus keduanya,” kata AKP Sofyan.

 Enam pria
AKP Sofyan juga menyebutkan bahwa dalam 20 hari terakhir, petugas sudah berhasil mengamankan enam pria yang terlibat dalam kasus sabu-sabu di kawasan itu. Mereka sekarang masih dalam proses penyidikan di Mapolres Lhokseumawe untuk penyidikan.

“Kita berharap masyarakat segera melapor ke polisi jika melihat ada transaksi narkoba di wilayah hukum Polres Lhokseumawe. Dengan adanya peran serta masyarakat, pemberantasan narkoba akan semakin mudah,” pungkas AKP Sofyan. (jaf) (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id