Proyek Otsus tak Sentuh Kepentingan Publik | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Proyek Otsus tak Sentuh Kepentingan Publik

Foto Proyek Otsus tak Sentuh Kepentingan Publik

* Dibahas Buru-buru

SABANG – Ketua DPRK Sabang, Muhammad Nasir mengatakan, usulan proyek Otsus tahun 2017 tak menyentuh kepentingan publik. Sebab, pembahasan usulan oleh pihak legislatif dan eksekutif sangat buru-buru.

Dalam siaran pers yang diterima Serambi kemarin Ketua DPRK Kota Sabang Muhammad Nasir menyebutkan, dana Otsus yang diajukan mencapai Rp 70 miliar. Angka tersebut lebih tinggi dari anggaran Otsus tahun sebelunya yang hanya Rp 60 miliar. Namun, katanya kali ini pembahasan dalam penentuan proyek Otsus sangat buru-buru.

“Rapatnya hanya dua hari. Hari pertama bersifat serimonial dan pada hari kedua hanya dapat membahas sebagian proyek usulan. Bahkan terkait dengan Disdik justru tak sempat dibahas sama sekali,” ujar Ketua DPRK Sabang tersebut.

Karena itu, Muhammad Nasir mengatakan, proyek Otsus kali ini jadi tak tepat sasaran atau tak menyentuh kepentingan publik. Ketua DPRK Sabang juga memberikan contoh seperti, usulan proyek gedung uji kelaikan kendaraan di Dishub. Katanya, proyek itu belum mendesak karena jumlah kendaraan di Sabang masih sangat minim.

Katanya, masih cukup banyak proyek yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat, seperti pembangunan dermaga di Teupin Layeu Iboih yang belum selesai dikerjakan sejak tahun 2013 lalu dan juga pembenahan pelabuhan Balohan. Selain itu, alokasi untuk anggran air bersih juga sangat kurang. “Proyek-proyek bersifat urgen ini tak sempat dimasukkan dalam mata anggaran Otsus, karena Bappeda Kota Sabang sudah meneken usulan itu, padahal Bappeda Aceh menyarankan apa-apa yang diangap penting masih bisa dimasukkan lagi hingga 10 April lalu, tapi itu tak dilakukan,” ujar Ketua DPRK Sabang.

Bahkan pada 9 April, tambah Muhammad Nasir, DPRK telah memanggil Kepala Bappeda Sabang untuk merevisi usulan itu, tapi tak dilakukan dengan alasan tak cukup data. Dengan amburadulnyan usulan itu, tambah Nasir telah membuat proyek Otsus tak tepat sasaran. Apalgi proyek di Disdik yang tak sempat dibahas bersama, kegiatan justru tak merata dan menumpuk di beberapa tempat saja.(mis) (uri/atrya/ratama/SP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id