LPPOM Lihat Pemotongan Ayam di Pasar Seutui | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

LPPOM Lihat Pemotongan Ayam di Pasar Seutui

Foto LPPOM Lihat Pemotongan Ayam di Pasar Seutui

* Untuk Keluarkan Sertifikasi Halal

BANDA ACEH – Petugas Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, Kosmetika, dan Makanan (LPPOM) MPU Aceh melakukan audit ke pengusaha ayam potong di Pasar Seutui, Kamis (14/4). Audit tersebut dilakukan untuk melihat proses penyembelihan yang dilakukan penjual, guna dikeluarkan sertifikasi halal dari LPPOM terhadap usaha mereka.

Ketua LPPOM MPU Aceh, Drh Fakhrurrazi MP disela-sela audit memberitahu kepada para penjual ayam potong cara penyembelihan yang benar dan sesuai syar’i, tidak boleh mengasah pisau di depan hewan dan menjaga kebersihan lokasi serta para pekerja. “Selain itu juga harus berlaku baik kepada hewan yang akan disembelih, tidak boleh menganiayanya, memastikan hewan tersebut benar-benar sudah mati baru kemudian direndam ke air panas,” sebutnya.

Fakhrurrazi juga mengimbau sesibuk apapun pekerjaannya, saat menyembelih hewan harus tetap sesuai peraturan syar’i dan tidak lalai membaca basmalah.

Sementara itu, Auditor LPPOM MPU Aceh, Deni Candra ST MT kepada Serambi mengatakan audit tersebut dilakukan berdasar permohonan yang diajukan salah satu pengusaha ayam potong di pasar tersebut. “Pengusaha tersebut mengajukan permohonan ke LPPOM untuk dilakukan audit guna dikeluarkan sertifikasi halal terhadap usahanya,” kata Deni.

Dikatakannya lagi, berdasarkan data yang dimiliki LPPOM ini merupakan pengusaha ayam potong pertama yang mengajukan untuk dilakukan audit. Pihaknya berharap, Pemerintah Kota dapat mendorong para pengusaha ayam potong untuk dilakukan pengauditan.

“Sehingga masyarakat yang memakan ayam pun aman, karena yang memotongnya sudah paham cara memotong ayam secara syar’i,” kata Deni yang menambahkan cukup membawa KTP dan mengisi form yang sudah disediakan di LPPOM MPU Aceh. (una) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id