20 Pelayar Dunia Ikut Sabang Marine | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

20 Pelayar Dunia Ikut Sabang Marine

Foto 20 Pelayar Dunia Ikut Sabang Marine

* 26-30 April 2016

BANDA ACEH – Sebanyak 20 pelayar (yachter) dari berbagai negara sudah mendaftar untuk ikut Sabang Marine Festival (SMF) 2016 di Pulau Weh, Sabang, 26-30 April 2016. Even ini diadakan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) bekerja sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh dan Sabang serta Kementerian Pariwisata

Deputi Komersial dan Investasi BPKS Sabang, Syafruddin Chan, mengatakan kegiatan ini untuk memperkenalkan potensi kelautan dan keindahan Sabang ke dunia internasional, sehingga pulau ini diharapkan menjadi tujuan wisata pelayar. Dengan demikian juga dapat meningkatkan devisa negara serta membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

Menurutnya, dalam SMF kedua ini, lebih banyak lagi diundang pelayar dari berbagai negara. Pasalnya, festival bahari ini tahun lalu dianggap sukses. “Targetnya 100 kapal layar dunia akan masuk dan berlayar di laut Sabang, tetapi kemungkinan akan melebihi target,” kata Syafruddin kepada Serambi, Jumat (15/4).

Syafruddin mengatakan para pelayar itu akan tiba tiga hari sebelum SMF dibuka, 26 April 2016. Mereka akan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan diharapkan akan menyampaikan atau mempromosikan wisata Sabang ke pelayar lainnya di belahan dunia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Reza Pahlevi MSi, mengatakan rencananya even SMF 2016 tidak hanya berfokus pada laut, pelayar juga akan diajak terlibat kegiatan berkonten lokal, seperti permainan interaktif, interaksi sosial, penampilan kebudayaan, menjelajahi Pulau Weh dan tsunami tour di Banda Aceh.

“Kegiatan ini memang sudah dijadikan sebagai agenda tahunan Aceh untuk mempromosikan Sabang sebagai salah satu destinasi wisata yang memiliki pesona bahari,” kata Reza.

Reza menambahkan, Disbudpar Aceh juga terus mengupayakan agar Sabang menjadi destinasi wisata bahari agar menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara dan domestik. Kegiatan lainnya yang akan dilakukan dalam even itu adalah dive, snorkeling, dan lainnya. (avi) (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id