Warga Dilatih Cara Menangkal Terorisme | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Warga Dilatih Cara Menangkal Terorisme

Foto Warga Dilatih Cara Menangkal Terorisme

SIGLI – Sebanyak 210 warga Pidie dan Pidie Jaya (Pijay),
Kamis (14/4) mengikuti pelatihan cara menangkal paham radikal dan terorisme di Aceh. Peserta pelatihan itu terdiri atas pendakwah, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan kalangan pendidik. Pelatihan yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerja sama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh itu berlangsung di SMKN 2 Sigli.

Narasumber yang diundang yaitu Direktur BNPT, Brigjen Pol H Hermawan Chaidir, Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Prof Syahrin Harahap, dan perwakilan Kajian Dakwah The Nusa Institute, Mas’id Halimi.

Koordinator FKPT Aceh yang juga Ketua Panitia, Prof Yusny Saby MA PhD kepada Serambi mengatakan, hingga kini Aceh masih sangat kondusif dari pengaruh radikalisme terorisme. Menurutnya, mengklaim orang atau kelompok lain sesat tanpa didukung dasar (dalil) yang kuat merupakan tindakan radikalisme.

Jika ada pihak atau lembaga yang mengklaim pihak atau lembaga sesat secara emosional, lanjut Yusny, itu bukan wewenang lembaga, melainkan pribadi. “Ini yang harus dipilah-pilahkan,” jelasnya.

Dalam Islam, tambah Yusny, jika terjadi perselisihan, mujadalah (diskusi) merupakan langkah terbaik untuk menentukan kebenaran. bukan saling klaim tanpa didukung bukti dan dalil yang kuat. “Musuh satu orang hakikatnya lebih banyak ketimbang kawan seribu orang,” demikian guru besar UIN Ar-Raniry ini.(c43) (uri/nton/ariana/AM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id