KPU Tolak Usulan Komisioner Baru KIP Nagan Raya | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

KPU Tolak Usulan Komisioner Baru KIP Nagan Raya

Foto KPU Tolak Usulan Komisioner Baru KIP Nagan Raya

SUKA MAKMUE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia pada tanggal 5 April 2016 lalu dikabarkan menolak surat yang telah diajukan oleh Wakil Ketua DPRK Nagan Raya, Samsuardi alias Juragan, tentang Penetapan Calon Anggota KIP Nagan Raya Periode 2013-2018. Surat tersebut bernomor 171.2/04/2016 tanggal 16 Februari 2016.

KPU menolak surat tersebut karena nama-nama yang diajukan di dalamnya yang terdiri dari Firdaus SSos, Arif Budiman SPd, Said Mudhar AMa, Muhammad Yasin, serta Usman, telah telah diberhentikan berdasarkan Putusan Mahkamah Agung Nomor 61K/TUN/2015 Tanggal 6 Oktober 2015 dan telah berkekuatan hukum tetap.

Komisioner Periode 2013-2018 yang diajukan kembali tersebut juga telah diberhentikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 21/Kpts/KPU/TAHUN 2016 tanggal 11 Februari 2016, tentang Pencabutan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 713/Kpts/TAHUN 2013 tanggal 16 September 2013 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Nagan Raya Provinsi Aceh.

KPU juga meminta kepada DPRK Nagan Raya untuk menyampaikan lima nama calon Anggota KIP Nagan Raya Periode 2013-2018 berdasarkan Paripurna DPRK Nagan Raya.

Terkait hal ini, Wakil Ketua DPRK Nagan Raya, Samsuardi alias Juragan, mengaku sudah menerima surat dari KPU yang menolak melantik komposisi calon Komisioner KIP setempat yakni Firdaus Cs karena telah diberhentikan oleh KPU.

Tetapi ia juga tidak akan mengusulkan Teuku Abdul Rasyid Cs selaku calon Komisioner KIP Nagan Raya Periode 2013-2018. Juragan beralasan, KPU dalam suratnya tidak meminta DPRK mengangkat Teuku Abdul Rasyid Cs, melainkan meminta menyampaikan lima nama calon Anggota KIP Nagan Raya Periode 2013-2018 berdasarkan Paripurna DPRK Nagan Raya.

“Berbeda dengan Aceh Timur, dalam surat KPU disebutkan bahwa ada pengganti komisioner untuk diajukan guna dilakukan pengangkatan oleh KPU. Namun di Nagan Raya dalam surat tersebut tak disebutkan siapa yang harus dilantik,” katanya.

Oleh karena itu, ia mengaku segera melakukan rapat untuk melakukan pembahasan terkait pengajuan calon Komisioner KIP Nagan Raya yang baru. Dia juga bersikukuh mengabaikan hasil rekomendasi yang telah dilakukan saat penjaringan dilakukan pada tahun 2013 lalu.(edi) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id