YARA Sorot Kunker Bupati ke Inggris | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

YARA Sorot Kunker Bupati ke Inggris

Foto YARA Sorot Kunker Bupati ke Inggris

BANDA ACEH – Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Jufri Hasanuddin bersama rombongan pada 16 April mendatang dijadwalkan berkunjung ke Inggris. Namun kunjungan kerja ke negara Ratu Inggris Elizabeth itu mendapat sorotan dari Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Abdya. “Keberangkatan ini hanya sebuah bentuk pemborosan anggaran yang dilakukan bupati pada akhir masa jabatannya,” kata Ketua YARA Perwakilan Abdya, Miswar SH kepada Serambi kemarin.

Menurut Miswar, kebijakan bupati Abdya yang melakukan perjalanan dinas ke Inggris terkesan tidak berempati dengan kondisi masyarakat Abdya yang masih hidup dalam kondisi perekonomian yang sulit dan butuh perhatian serius pemerintah. “Bupati harus bisa memperjelaskan urgensi keberangkatan itu. Seharusnya anggaran yang begitu besar bisa dipergunakan untuk membangun infrastruktur daerah yang rawan banjir seperti Krueng Susoh, Krueng Suak dan Krueng Babahrot, atau sejumlah kebutuhan lain yang berdampak langsung ke masyarakat,” ujarnya.

Miswar menegaskan perjalanan dinas ke Inggris tersebut dinilai belum terlalu penting dilakukan. Sebab, tidak ada kepentingan daerah yang sifatnya menunjang pembangunan. Terlebih, katanya, dari sejumlah kunjungan pejabat ke beberapa daerah selama ini belum memberi dampak signifikan bagi pembangunan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. “Anggaran keberangkatan ini sudah pasti sangat besar, dan kita akan meminta laporan pertanggungjawaban bupati atas keberangkatan ini,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Abdya Weri SE yang ikut dalam rombongan mengatakan keberangkatan bupati bersama rombongan ke Inggris untuk menjalin kerja sama dengan Robert Gordon University dalam bidang pembangunan, akademik dan perekonomian masyarakat.”Keberangkatan ini sudah sepengtahuan dan mendapat izin dari gubernur dan Kemendagri. Ini sudah sesuai prosedur dan tidak ada pemborosan anggaran,” ujar Weri menjawab Serambi kemarin.

Dalam kunjungan itu, kata Weri, Robert Gordon University yang terletak di Aberdeen, Skotlandia, akan memperlihatkan sejumlah potensi daerahnya guna ditindaklanjuti di Abdya, seperti potensi bidang kelautan dan perekonomian. “Jadi kita berangkat ada empat orang, pak bupati, kepala Bappeda, Koordinator Abdya Regional Logistic Corridor Ir Agus Halim dan Dr Dirhamsyah,” ujarnya.(c50) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id