Pemkab Pijay Diminta Eksekusi Ternak Berkeliaran | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Pemkab Pijay Diminta Eksekusi Ternak Berkeliaran

Foto Pemkab Pijay Diminta Eksekusi Ternak Berkeliaran

aceh.Uri.co.id, MEUREUDU – Lembaga Swadaya Masyarakat Jaringan ‎Asprisasi Rakyat Aceh (LSM JARA) Pidie dan Pidie Jaya‎, meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pijay musti solid untuk menertibkan ternak yang berkeliaran disepanjang ruas jalan negara serta tempat umum lainnya.

“Ini dimaksudkan agar masyarakat di delepan kecamatan di Pijay lebih nyaman dari gangguan ternak berkeliaran terutama diruas jalan negara yang selama 10 tahun terakhir sangat meresahkan bagi masyarakat terutama bagi pelintas dari dan ke B Aceh -Medan,”sebut ketua LSM JARA, Iskandar Ar Rahman kepada aceh.Uri.co.id, Rabu (13/4/2016).

Yang paling menyayat hati, kehadiran ternak pada ruas jalan negara baik pada siang maupun malam hari telah menyebabkan angka korban Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas) yang kerab memicu angka kematian serta rusaknya kendaraan roda dua dan empat.

Selain itu, efek dari berkeliarannya ternak telah memberikan dampak tidak baik bagi keberlangsungan perekonomian bagi para petani. Dimana, kebanyakan tanaman padi serta palawija lainnya kerap menjadi sasaran diserobot oleh ternak jenis lembu, kerbau, dan kambing untuk dimangsa.

“Ujung-ujungnya, petani dirugikan dikarenakan pola pemeliharaan ternak yang tidak sehat,”ujarnya. (*) (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id