KMP BRR Tertunda Berangkat 90 Menit | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

KMP BRR Tertunda Berangkat 90 Menit

Foto KMP BRR Tertunda Berangkat 90 Menit

* Dimuat 50 Ton Gula Ilegal

SABANG – Pemberangkatan kapal lambat KMP BRR pada trip pertama Selasa (12/4) pagi kemarin tertunda sekitar 90 menit dari jadwal yang telah ditentukan pukul 08.00. Penundaan pemberangkatan itu disebabkan pihak kapten tidak mau berangkat karena kapal tersebut sudah dimuat gula illegal yang mencapao 50 ton (100 sak).

Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Balohan, Abdurrani, kepada Serambi membenarkan pemberangkatan KMP BRR pada trip pertama tertunda dari jadwal yang telah ditentukan. Penundaan karena dimuatnya gula ilegal oleh pedagang melalui nyak-nyak untuk diangkut ke Banda Aceh. Gula-gula illegal yang diperkirakan mencapai 50 ton (100 sak) itu dimuat ke dalam kapal pada malam hari.

Meski kapal ditunda berangkat, pemilik gula tetap saja enggan menurunkan barang-barang miliknya yang sudah dimuat ke dalam kapal tersebut.

Belakangan nyak-nyak baru menurunkan gula-gula impor dari Thailand yang akan diselundupkan ke daratan itu, setelah pihak Polres mendatangkan mobil reo ke dalam kapal. Ulah tauke dan para nyak-nyak itu, jelas sangat merugikan para penumpang lainnya, karena pemberangkatan kapal tertunda hingga 90 menit dari jadwal yang telah ditentukan.

Kapten KMP BRR, M Nur mengakui masih banyaknya gula ilegal yang diselundupkan melalui kapal lambat itu, disebabkan kurangnya pengawasan dari instasi terkait selaku pihak yang bertanggugjawab setiap barang yang akan masuk ke pelabuhan. “Akhir-akhir ini, petugas sangat jarang melakukan ceking barang-barang saat pemberangkatan kapal di pelabuhan, sehingga penyelundupan gula menjadi tidak terkendali,”katanya.(az) (uri/atih/artanto/RH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id