Polda Aceh Terima Calon Taruna | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Polda Aceh Terima Calon Taruna

Foto Polda Aceh Terima Calon Taruna

* Hafiz dan Qari jadi Prioritas

BANDA ACEH – Kepolisian Negara Republik Indonesia melalui Polda Aceh, kembali membuka kesempatan bagi putra-putri Indonesia untuk dididik menjadi calon anggota Polri melalui jalur Taruna akademi polisi (Akpol), bintara, dan tamtama.

Ketua pelaksana penerimaan anggota Polri TA 2016, Karo SDM Polda Aceh Kombes Pol MZ Muttaqien SH SIK MAP mengatakan, putra-putri Aceh yang mendaftar melalui jalur Akpol, diminta melengkapi persyaratan ijazah serendah-rendahnya SMU/MA jurusan IPA/IPS dan bukan lulusan paket A, B, dan C.

Pendaftar dari jalur Akpol, saat dibuka pendidikan berumur 17 dan maksimal 21 tahun serta tinggi pria 165 cm dan wanita 160 cm dengan berat badan seimbang, sesuai ketentuan. Calon juga berdomisili di wilayah Aceh minimal 1 tahun, dibuktikan dengan KTP, KK, dan surat keterangan domisili dari kepala desa dan kapolsek setempat.

Katanya, bagi calon brigadir diprioritaskan hafidz dan hafidzah, qari dan qariah serta dai dan daiyah. Lalu bagi atlit berprestasi di tingkat nasional dan internasional. “Bagi calon yang muslim dan muslimah akan dites baca Alquran. Ini bagian wujud dukungan Polri terhadap kearifan lokal Aceh,”ujarnya.

Sekretaris penerimaan, AKBP Fahmi Irwan Ramli SH SIK MSi menambahkan, untuk penerimaan melalui jalur bintara melengkapi persyaratan ijazah minimal SMU/MA jurusan IPA/IPS, bukan lulusan paket A dan B. Lalu dari SMK memiliki nilai akhir atau nilai gabungan HUAN dan nilai sekolah minimal 60.

Penerimaan anggota Polri jalur bintara itu juga diprioritaskan kelulusan D-IV Keperawatan. Bagi lulusan tahun 2016 yang masih duduk di kelas III, kata Fahmi nilai rata-rata rapor semester I minimal 60 dan setelah lulus menyerahkan nilai akhir (nilai gabungan HUAN dan nilai sekolah) minimal 60.

Polda Aceh juga membuka jalur tamtama dengan persyaratan, minimal ijazah SMU/MA jurusan IPA/IPS. Calon dari SMK disesuaikan dengan kompetensi tugas pokok Polri, kecuali tata busana dan kecantikan. Untuk selengkapnya syarat-syarat dan kelengkapan lainnya para calon dapat mengakses www.penerimaan.polri.go.id.(mir) (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id