KANA: Turunkan Bulldozer | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

KANA: Turunkan Bulldozer

Foto KANA: Turunkan Bulldozer

* Dari Hutan Simpang Jernih

IDI – Ketua Komunitas Aneuk Nanggroe (KANA) Muzakir, menemukan masih adanya alat berat berupa bulldozer yang beroperasi melakukan perambahan hutan lindung di wilayah Kecamatan Simpang Jernih, Aceh Timur. Padahal, vegetasi hutan di kawasan ini sudah sangat kritis dan selalu membawa dampak bencana banjir saat tiba musim hujan.

“Kami melihat langsung alat berat jenis Bulldozer itu sedang membuka lahan dan menarik balok-balok kayu ilegal di areal hutan negara,” ungkap Muzakir, Minggu (10/4).

Bulldozer itu, kata Muzakir, sudah beroperasi sekitar 20 hari sejak pertengahan Maret 2016 lalu di areal 25 hektare. “Menurut informasi dari pekerja, lahan tersebut akan dijadikan perkebunan sawit. Namun pohon-pohon kayu besar menjadi incaran untuk ditebangi. Anehnya, land clearing (pembersihan lahan) ini bukan dilakukan oleh perusahaan, melainkan oleh oknum penegak hukum yang mengatasnamakan warga, untuk melakukan illegal logging,” jelasnya.

Sementara kayu dari hasil perambahan hutan ini, dibawa ke Aceh Tamiang melalui jalur sungai dan dilansir di darat. “Kami mendesak pemerintah menurunkan bulldozer ini, agar kerusakan hutan tak semakin parah. Karena pembersihan lahan ini jelas tak ada izinnya,” tegas Muzakir.

Ketua LSM KANA mendesak Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) dan aparat Polres Aceh Timur segera bertindak. “Jangan cuma diam dan pura-pura tidak tahu. Karena untuk mengerahkan alat berat ke lokasi, bukan pekerjaan warga kecil. Jelas ada beking dan melibatkan banyak pemain lama dalam kejatahan illegal logging di kawasan ini,” katanya.

Desakan ini disampaikan, karena menurutnya, sampai kini belum ada tindakan apapun terhadap perambahan hutan tersebut, meski sudah berjalan hampir satu bulan.

“Aparat hukum harus mampu menurunkan bulldozer itu dari hutan, karena hal ini sudah masuk katagori kejahatan kehutanan, berupa penyalahgunaan izin kawasan,” tambah Muzakir.(c49) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id