40 Dokter Anak Dilatih Penanganan Asma | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

40 Dokter Anak Dilatih Penanganan Asma

Foto 40 Dokter Anak Dilatih Penanganan Asma

BANDA ACEH – Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menggelar pelatihan kepada 40 dokter Spesialis anak (SpA) dari seluruh Aceh, Minggu (10/4) di Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh. Pelatihan bertema “Management of Asthma in Children” atau penanganan asma pada anak itu merupakan diseminasi (penyebaran) Pedoman Nasional Asma Anak (PNAA) tahun 2015.

Ketua panitia penyelenggara, dr Indiana Aulia SpA kepada Serambi mengatakan, acara tersebut bertujuan menambah wawasan spesialis anak di Aceh terkait pedoman terbaru yang dikeluarkan IDAI. “Asma merupakan penyakit yang berulang berulang-ulang. Kami berharap pedoman terkini ini dapat diterapkan oleh para spesialis anak di Aceh,” ujarnya, seraya menyebut ada 60 dokter spesialis anak di Aceh, namun yang hadir pada acara itu hanya 40 orang.

Sementara pembicara utama pada seminar itu, dr Darmawan B Setyanto SpA (K) mengatakan, pedoman asma pada anak berubah seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. “Kami mencoba mengikuti perkembangan yang telah dilakukan dunia internasional. Hal tersebut mencakup klasifikasi asma, tata laksana, hingga penggunaan Magnesium Sulfat (MgSO4) untuk mengobati asma,” kata dia.

Darmawan menambahkan, pedoman tersebut juga menerangkan bahwa pasien asma lama boleh diobati di rumah dengan cara nebulisasi (penguapan). “Nebulisasi dapat dilakukan hingga 2 kali dengan mesin inhalasi di rumah, yang mengubah obat menjadi uap untuk dihirup pasien. Khusus pasien anak, pengobatan lebih mudah dengan menambahkan spacer pada alat inhalasi,” jelas Anggota UKK Respirologi IDAI itu.

Menurutnya, saat ini IDAI melakukan diseminasi pedoman terbaru itu ke semua provinsi di Indonesia. “Agar seluruh Indonesia menerapkan pedoman ini, kami menyebarkan informasi kepada dokter anak sebanyak-banyaknya,” kata dia, dan mengatakan pada putaran pertama, 30 seminar dilakukan di kota-kota besar seluruh Indonesia.

Sedangkan dua pemateri lainnya, dr Nurjannah SpA(K) dan Dr dr Bakhtiar MKes SpA masing-masing menjelaskan klasifikasi asma pada anak dan rekomendasi terapi inhalasi pada anak. Acara tersebut dibuka Ketua IDAI Aceh, dr Herlina Dimiati SpA(K). (fit) (uri/aradhia/ayanti/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id