UKM-LDF FKIP Unsyiah Laksanakan Seminar Nasional | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

UKM-LDF FKIP Unsyiah Laksanakan Seminar Nasional

Foto UKM-LDF FKIP Unsyiah Laksanakan Seminar Nasional

BANDA ACEH – Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Dakwah Fakultas (UKM-LDF) Al-Mudarris FKIP Unsyiah, Sabtu (9/4) menggelar seminar nasionaldi Auditorium Lantai III FKIP Unsyiah.

Seminar bertajuk “Membentuk Generasi Muda Islam dalam Mewujudkan Aceh Madani” itu juga diisi oleh Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Prof Dr H Syahrizal Abbas MA, Kepala Humas Unsyiah Dr Ilham Maulana, dan Kadisdikpora Banda Aceh, Syaridin MPd yang mewakili Wali Kota Banda Aceh.

Dalam paparannya Syaridin menyebutkan, sesuai dengan semangat penerapan Syariat Islam secara kaffah, pendidikan karakter di bangku sekolah yang ada di Banda Aceh lebih ditekankan pada pembentukan akhlakul karimah para siswa.

Menurutnya, desain induk pendidikan karakter anak berlangsung pada tiga tempat yakni keluarga, sekolah, dan masyarakat. “Yang paling utama dan bertanggungjawab dalam pembentukan karakter anak adalah kedua orangtuanya yang dimulai sejak anak di dalam kandungan hingga masa menyusui selama dua tahun pertama. Keluarga adalah fase pendidikan karakter paling penting,”ujar Syaridin lagi.

“Saat anak berusia tujuh tahun dan memasuki bangku sekolah, baru terlihat karakter dasar si anak. Mulai saat itu pula, guru di sekolah ‘meluruskan’ yang belum baik hingga si anak mampu menamatkan pendidikannya dengan memiliki karakter diri yang baik pula,” sebut alumni FKIP Unsyiah Prodi Pendidikan Fisika ini.

Berdasarkan kurikulum pendidikan nasional saat ini, sebutnya lagi, pendidikan karakter bagi para siswa ditanamkan dalam semua mata pelajaran. “Ada 18 nilai yang diajarkan, antara lain religius, kejujuran, toleransi, dan yang terakhir tanggung jawab,” katanya seraya menyebut masyarakat sipil, pemerintah, dan media massa turut berkontribusi dalam pembentukan karakter anak didik.

Dijelaskan juga, bahwa ciri-ciri masyarakat madani antara lain warganya cerdas, demokratis, religius. Pemko Banda Aceh, sebut Syaridin, saat ini juga tengah mengembangkan program Hafiz (Penghafal) Alquran di bangku sekolah. “Baru-baru ini kita luncurkan di SMPN 4 Peunayong. Berita yang menggembirakan lagi, tahun ini ada 10 siswa-siswi kita yang akan lulus SMA dengan kemampuan menghafal Alquran 30 juz,” pungkasnya.

Acara yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unsyiah Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC tersebut, turut dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FKIP, Drs Wildan MPd, Ketua BEM FKIP Unsyiah Sibghatullah Arrasyid, dan sejumlah tamu undangan lainnya.(rel/mis) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id