Konvensi Hanya Pencitraan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Konvensi Hanya Pencitraan

Foto Konvensi Hanya Pencitraan

BANDA ACEH – Pemerhati Politik dan Keamanan Aceh, Aryos Nivada mengatakan, konvensi untuk menjaring calon kepala daerah di Aceh jelang Pilkada 2017 yang dilakukan Partai NasDem, Demokrat, PAN, dan Hanura tak lebih sebagai upaya pencitraan partai.

“Saya berpendapat, konvensi yang dibuat oleh keempat partai ini adalah bentuk kegamangan mereka dalam mencari dan menjaring figur calon yang kuat secara kekuatan politik. Di sisi lain, terkesan pencitraan partai untuk menghadapi Pilkada 2017 dan Pileg 2019 di Aceh sekalian menguatkan posisi tawar,” kata Aryos, Sabtu (9/4) menanggapi berita ekslusif Serambi, ‘Menyoal KonvensiParpol.

Aryos juga mengatakan, pesan lain yang tersirat dari konvensi adalah mencoba menarik diri dan menciptakan blok baru yang siap mengusung salah satu kandidat dari hasil konvensi. Artinya, kata Aryos, jika mendapatkan seorang figur dari konvensi dan berdasarkan kesepakatan partai yang tergabung dalam konvensi tersebut, maka tak menutup kemungkinan sebuah koalisi–bisa jadi gabungan partai nasional–akan terbentuk lagi di Aceh..

“Jika sesuai dan hasil konvensi benar-benar dijalankan oleh partai dimaksud, maka blok baru akan lahir dan tentunya akan menjadi saingan bagi Partai Aceh cs (Koalisi Aceh Bermatabat),” katanya.

Peneliti Jaringan Survei Inisiatif ini juga mengemukakan, hasil konvensi tersebut pada dasarnya tidak akan menjadi acuan dan bukanlah harga mati bagi partai dalam memetakan sikap politik mereka menjelang Pilkada 2017. Menurut Aryos, hasil konvensi bisa saja berubah bahkan tidak mengikuti hasil keputusan konvensi yang telah dilakukan.

“Terbukti pengalaman Demokrat ketika memutuskan hasil konvensi dimenangkan Dahlan Iskan, tapi faktanya mereka tidak konsisten terhadap hasil konvensi tersebut. Hal ini dikarenakan tekanan politik terlalu kuat, nah kondisi begitu bisa saja terjadi di Aceh, jika dinamika politik nanti berkata lain,” pungkas Aryos.(dan) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id