Imigrasi Surati Kedubes Rusia | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Imigrasi Surati Kedubes Rusia

Foto Imigrasi Surati Kedubes Rusia

* Terkait Jenazah WNA di RSDZA

BANDA ACEH – Terkait jenazah warga Rusia, Tantiana (44) yang hingga kemarin masih di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, pihak Kantor Imigrasi Kelas II Sabang sudah menyurati Kedutan Besar (Kedubes) Rusia di Jakarta pada Senin (4/4).

Namun, hingga kini belum ada jawaban mengenai waktu pemulangan jenazah tersebut. Kepala Kantor Imigrasi Sabang, Imam Sutadi kepada Serambi, Jumat (8/4) mengatakan, usai ditemukan jenazah Tantiana di Pantai Serui, Kecamatan Sukakarya, Sabang, Senin (4/4) pihaknya langsung menghubungi Kementerian Luar Negeri dan Kedubes Rusia, yakni dengan mengirim data mengenai izin masuk dan izin tinggal korban.

“Sejak hari kejadian kita langsung komunikasikan dengan kedubesnya, mungkin sistem pelindungan warga negara di mereka berbeda dengan sistem negara kita. Jadi infonya saat ini mereka sedang mencari keberadaan keluarganya di Rusia,” ujar Imam, kemarin.

Menurut Imam, secara aturan sebenarnya Imigrasi sudah tidak memiliki wewenang lagi, karena WNA sudah meninggal dunia. Upaya pemulangan itu akan dilakukan oleh polisi dengan berkoordinasi dengan kedubesnya.

Maka nanti dalam pemulangan jenazah, mulai dari RSUDZA hingga ke negaranya menjadi wewenang Kedubes Rusia. Sedangkan imigrasi dan polisi hanya membantu. Namun hingga saat ini mereka masih menunggu jawaban dari Kedubes, jenazah itu akan dipulangkan atau dimakamkan di Indonesia.(mun) (uri/inaldy/eryance/RG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id