Calon Wasit Futsal Simulasi di Lapangan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Calon Wasit Futsal Simulasi di Lapangan

Foto Calon Wasit Futsal Simulasi di Lapangan

BANDA ACEH – Sebanyak 21 peserta kursus wasit futsal Level III Asprov PSSI Aceh mengikuti simulasi memimpin pertandingan di lapangan. Di bawah arahan instruktur dari Federasi Futsal Indonesia (FFI), Fuji Suprayitno, para calon wasit futsal ini dengan tekun menjalani sesi demi sesi program pelatihan.

Pantauan Serambi di lapangan Diaz Futsal, kemarin, para peserta kursus dari seantero Aceh ini digembleng secara intens oleh Fuji Suprayitno tata cara memimpin pertandingan di lapangan. Semua teori yang telah diberikan pada program pelatihan hari pertama, dipraktekkan di lapangan sebenarnya. Bukan cuma itu, peserta juga disimulasikan memimpin sebuah kejuaraan yang telah memasuki fase empat besar.

Dibantu komunitas sepakbola Uni Papua yang membentuk empat tim semifinalis, para calon wasit futsal ini ditugaskan memimpin laga semifinal hingga final. Menurut Fuji Suprayitno, simulasi ini dimaksudkan untuk membawa peserta dalam atmosfir pertandingan yang ketat dan penuh tekanan. Dari situ akan terlihat seberapa kemampuan dan ketenangan para calon wasit futsal ini dalam menghadapi tekanan, baik dari dalam lapangan maupun dari penonton di luar lapangan.

Hari terakhir kursus pada Minggu (10/4), para peserta akan menjalani copper test di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, guna mengukur daya tahan dan kemampuan fisik mereka. “Usai copper test, kursus wasit futsal ini direncanakan akan ditutup secara resmi oleh Ketua Asprov PSSI Aceh, Adly Tjalok,” ujar Sekum PSSI Aceh, Khaidir TM.

Sehari sebelumnya, kursus wasit futsal Level III Asprov PSSI Aceh yang digelar selama tiga hari pada 8-10 April 2016 dibuka secara resmi oleh Ketua PSSI Aceh, Adly Tjalok di Hotel Lading, Banda Aceh, Jumat (8/4) pagi. Turut hadir dalam seremoni pembukaan, Kabid Olahraga Dispora Aceh Musri Idris, Ketua Askot PSSI Banda Aceh Heri Julius, Aminullah Usman, anggota DPRA Bardan Sahidi, dan para peserta.

Sekretaris Umum Asprov PSSI Aceh, Khaidir TM mengatakan, pelatihan ini dibimbing oleh instruktur dari Federasi Futsal Indonesia (FFI), Fuji Suprayitno. “Saya berharap, dengan kursus ini para wasit futsal Aceh akan lebih profesional memimpin setiap turnamen futsal di Aceh dan terus belajar tentang aturan-aturan pertandingan futsal,” ujar Khaidir.

Dalam kursus itu, katanya, mereka diberikan pengetahuan tentang teori dan aturan-aturan permainan futsal. Selanjutnya, peserta juga mengikuti praktek di lapangan dan copper test (uji fisik) di Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya Banda Aceh. “Peserta juga diberikan buku peraturan futsal dan CD (compact disk),” ujar Khaidir. “Bagi peserta yang lulus, nanti akan diberikan sertifikat,” tutupnya.(pon/min) (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id