Tuha Peut Surati Bupati | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Tuha Peut Surati Bupati

Foto Tuha Peut Surati Bupati

* Terkait Dugaan Peyimpangan Dana Desa

TAPAKTUAN – Ketua Tuha Peut Gampong Sialang, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan M Nur D menyurati bupati Aceh Selatan. Dalam surat bernomor: 01/TP-SL/IV/2016 tertanggal 7 April 2016 yang turut ditujukan kepada kepala BPM Aceh Selatan dan Kapolres, Tuha Peut Gampong Sialang meminta agar bupati segera menurunkan tim Inspektorat untuk mengaudit kasus dugaan penyimpangan dana desa.

“Sesuai dengan laporan keterangan penyelenggara pemerintah gampong (LKKPG) terdapat selisih antara dana yang dianggarkan dengan realisasi dana yang digunakan. Berdasarkan permintaan masyarakat Gampong Sialang, Kecamatan Kluet Selatan, maka kami tuha peut meminta kepada bupati Cq kepala BPM Aceh Selatan dan Kapolres Aceh Selatan agar menurunkan Inspektorat untuk mengaudit dana desa tahun 2015,” tulis Ketua Tuha Peut Gampong Sialang M Nur D dalam surat tersebut.

M Nur D menjelaskan dana Desa Sialang tahun 2015 sebesar Rp 525.088.113. Menurut hasil pemeriksaan masyarakat, lanjutnya, telah terjadi dugaan penggelembungan anggaran sebesar Rp 76.105.000, di antaranya dalam program pembuatan parit beton, plat beton dan rabat beton. “Yang belum diaudit oleh masyarakat masih bayak. Masyarakat sangat berharap adanya transparansi dalam proses audit nantinya,” kata M Nur D.

Kuechik Gampog Sialang Yusnan yang dikonfirmasi Serambi kemarin membantah tudingan tuha peut tersebut. Menurutnya ada pihak yang sengaja menebar fitnah karena ada unsur kepentingan pribadi. “Itu bohong dan fitnah besar. Bagaimana mereka menuding saya demikian sedangkan pertanggungjawaban sudah diterima oleh Inspektorat, BPM dan intasi terkait lainya. Insya Allah dokumennya ada sama saya,” papar Yusnan.

Yusna juga megungkapkan oknum yang menyampaikan tudingan tersebut pernah mendapat teguran dari Muspida agar tidak memperkeruh suasana di gampong. “Mereka sudah pernah dilayangkan teguran oleh Camat untuk tidak memperkeruh situasi gampong,” ujarnya.(tz) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id