Puluhan Pelanggar Syariat Terjaring Razia WH | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Puluhan Pelanggar Syariat Terjaring Razia WH

Foto Puluhan Pelanggar Syariat Terjaring Razia WH

BANDA ACEH – Sebanyak 79 orang pelanggar syariat Islam terjaring dalam razia penegakan syariat Islam, Jumat (8/4) sore, di Jalan Ali Hasyimi Gampong Pango, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh. Razia itu dilaksanakan oleh petugas Wilayatul Hisbah (WH) Provinsi Aceh, yang didukung Satpol PP dan POM.

Dari 79 pelanggar yang terjaring razia, terdiri atas 57 perempuan dan 22 laki laki yang rata-rata pelanggaran dalam berpakaian, yakni yang perempuan mengenakan pakaian ketat yang membentuk anggota tubuh. Sedangkan laki laki mengenakan celana pendek di atas lutut. Razia itu berlangsung pukul 16.00 WIB hingga pukul 17.40 WIB.

Kasi Penegakan dan Penertiban WH Aceh, Nasrul Miadi kepada Serambi mengatakan, para pelanggar tersebut didata identitasnya oleh petugas. Selanjutnya, diberi pembinaan langsung di lokasi razia, petugas menjelaskan aturan yang mereka langgar serta pemahaman mengenai pakaian yang sesuai dengan syariat Islam.

“Sebenarnya pakaian yang islami itu tidak mesti harus memakai rok, boleh saja memakai celana asal tidak membentuk lekuk bentuk tubuh. Maka kepada yang terjaring disosialisasikan memakai pakaian yang longgar,” ujar Nasrul.

Menurutnya, selama ini tingkat kesadaran masyarakat terhadap aturan syariat Islam sudah meningkat, dibanding dengan beberapa tahun sebelumnya. Alasannya, dalam beberapa razia sudah tidak ada lagi ditemukan pelanggar yang tidak memakai jilbab. Saat ini kebanyakan melanggar pada celana ketat dan celana pendek.

Menurut Nasrul, aturan yang selama ini digunakan seharusnya sudah ada revisi, misalnya pelanggar yang sebelumnya sudah pernah terjaring razia harus mendapat hukuman, misalnya penahanan. Demikian juga harus ada aturan mengenai kaca gelap pada mobil.(mun) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id