Sejumlah Tokoh Bahas Strategi Bangun Nagan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Sejumlah Tokoh Bahas Strategi Bangun Nagan

Foto Sejumlah Tokoh Bahas Strategi Bangun Nagan

BANDA ACEH – Sejumlah tokoh Kabupaten Nagan Raya membahas strategi pembangunan dan perkembangan kabupaten tersebut. Mereka menilai, selama ini sumber daya alam (SDA) kabupaten itu belum terkelola dengan baik dan kehidupan masyarakat masih jauh dari kemapanan di tengah banyaknya perusahaan sawit.

Hal itu mengemuka dalam diskusi pengayaan dan silaturahmi tokoh Nagan Raya di Hotel Regina, Banda Aceh, Jumat (8/4). Kegiatan yang diprakarsai oleh Nagan Initiative dipandu oleh DR Fajran Zain. Hadir dalam acara itu sejumlah tokoh, pemuda dan mahasiswa dari kabupaten penghasil giok itu.

Salah satu peserta, Adi Hermansyah mengatakan, pembangunan Nagan Raya selama ini masih terpaku pada pembangunan fisik dan mengabaikan pembangunan manusia. “Saya lihat di sana banyak sekali upaya pembunuhan karakter dan intervensi pemerintah. Persaudaraan bisa retak hanya karena beda pandangan politik,” katanya.

Karena itu, dia berharap agar persoalan seperti itu tidak terulangi lagi. Siapapun yang menjadi pemimpin daerah itu ke depan harus bisa menyatukan semua masyarakat yang saat ini terkesan terkotak-kotak. “Kita harus melakukan pendidikan politik dengan merubah pola pikir masyarakat. Jika kita ada pilihan masing-masing silahkan,” ujarnya.

Peserta lain, Syahrul Mardianto menilai, Pemerintahan Nagan Raya selama ini kurang terbuka dan cenderung dikelola secara monarki. Selain itu, kehidupan masyarakat juga masih jauh dari kesejahteraan di tengah bertaburnya perusahaan-perusahaan kelapa sawit. “Ini menjadi persoalan kita bersama,” katanya.

Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Nagan Raya (Ipelmasra) Munawar Akbar juga mengkritisi pemerintahan Nagan Raya. Menurutnya, selama ini pemerintah kurang peduli dengan mahasiswa. Sudah beberapa tahun mahasiswa tidak lagi mendapatkan beasiswa dari pemerintah. “Padahal kami sudah beberapa kali masalah ini kepada bupati melalui media,” katanya.

Pada pertemuan itu, sejumlah tokoh lainnya juga menyampaikan pandangannya, termasuk dari Keuchik Khaidir dan Nurchalis SP MAgr. Kendati demikian, ada juga yang mengapresiasi keberhasilan yang telah dicapai Pemkab nagan Raya, salah satunya membangun pusat pemerintahan. (mas) (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id