Ketua DPR Resmikan Masjid Agung | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Ketua DPR Resmikan Masjid Agung

Foto Ketua DPR Resmikan Masjid Agung

* Memberi Pujian Tinggi

KUTACANE – Ketua DPR-RI, DR H Ade Komaruddin MH meresmikan Masjid Agung At-Taqwa Kutacane, Aceh Tenggara (Agara) pada Jumat (8/4) pagi. Bangunan masjid itu yang dibangun secara bertahap dengan total dana Rp 70 miliar dinilai megah, seiring berdiri di kaki gunung Leuser, bahkan dia memberi pujian tinggi.

“Saya kagum melihat kemegahan Masjid Agung At-Taqwa Kutacane ini yang dibangun oleh bupati dan wakil bupati Agara dan dapat menjadi ikon daerah,” pujinya yang langsung disambut tepuk tangan seribuan undangan dari berbagai kabupaten/kota di Aceh. Dia menegaskan bangunan ini tampak megah, apalagi berada di kaki gunung Leuser.

Dia berharap, masjid ini harus dijadikan sebagai pusat pengembangan Islam, seperti pusat perpustakaan Islam terbesar di Aceh. “Kami akan terus memberi perhatian dengan membenahi masjid, tetapi jika ada kekurangan bersama putra Agara yang juga anggota Komisi V DPR, Salim Fakhri,” ujar Ade dengan serius.

Dia berharap, perpustakaan masjid juga dapat menjadi pusat bacaan anak-anak, selain tugas bersama menyatukan dan mengembangkan Islam di negeri ini. Seusai meresmikan masjid, Ketua DPR ini juga menjadi khatib yang mengulas tentang sejarah Aceh yang memiliki banyak pahlawan nasional, termasuk wanita, seperti Cut Meutia dan Cut Nyak Dhien.

Ade menyatakan perjuangan para pahlawan itu dilakukan, semata-mata hanya karena Allah SWT dalam memperjuangkan Kemerdekaan RI. Dia juga mengulas berbagai hal tentang perkembangan Islam, termasuk saat ini yang terjadi di berbagai belahan Indonesia.

Seusai khutbah dilanjutkan dengan shalat Jumat yang dihadiri ribuan jamaah. Pada shaf pertama, diisi oleh Bupati Agara Hasanuddin B, Wabup Agara Ali Basrah, Salim Fakhri, Bupati Galus Ibnu Hasim, Kapolres, Danrem 011/lW, mantan bupati Armen Deksy, Lukman CM, Firmandez dan sejumlah pejabat lainnya.

Sementara, Bupati Agara, Ir H Hasanuddin B MM mengatakan, Masjid Agung At-Taqwa Kutacane mulai dibangun pada November 2009 dan rampung dibangun beberapa waktu lalu. Disebutkan, luas bangunan masjid 3.000 m2 yang berdiri diatas area seluas 1,5 hektare dan mampu menampung sekitar 4.000 jamaah, serta memiliki area parkir yang luas.

Sedangkan Gubernur Aceh yang telah memberi dukungan penuh atas pembangunan Masjid At-Taqwa, termasuk memplotkan anggaran dalam sambutan yang dibacakan Sekda Aceh, Darmawa menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas diresmikannya masjd ini. Dia berharap, masjid kebanggaan rakyat Agara ini dapat menjadi pusat dakwah dan syiar Islam.

Peresmian masjid dihadiri anggota Komisi V DPR M Salim Fakhri SE, Danrem 011 Lilawangsa Kolonel Inf Dedy Agus Purwanto, sejumlah bupati dan wakil bupati atau yang mewakili. Bupati Gayo Lues Ibnu Hasim, Bupati Aceh Tengah Nasaruddin, Walikota Subulussalam Merah Sakti juga tampak hadir.

Sejumlah Ketua DPRK, anggota DPRA, MPU Kabupaten, Kemenag se-Aceh, Ketua DPD Golkar Aceh Teuku Muhammad Nurlif dan Muspida plus serta ribuan masyarakat. Rombongan DPR dibawah pengawasan Kapolres Agara, AKBP Eko Wahyudi SIK mengawal rombongan ke Bandara Alas Leuser Kutacane untuk selanjutnya terbang ke Medan pukul 14.30 WIB.(as)

proses peresmian
* Dihadiri seribuan undangan
* Ketua DPR pukul bedug
* Shalat Jumat bersama
* Ketua DPR jadi khatib
* Usai shalat, bersilaturrahmi
* Kembali ke Jakarta pukul 14.30 WIB (uri/ilviana/ebriyani/SF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id