Lahan Telantar di Pintu Rime Gayo akan Didata | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Lahan Telantar di Pintu Rime Gayo akan Didata

Foto Lahan Telantar di Pintu Rime Gayo akan Didata

REDELONG – Lahan telantar di Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, akan di data ulang. Pendataan tersebut, untuk mengetahui luas areal yang tidak digarap dan dibiarkan telantar oleh pemiliknya. Bahkan bila ada lahan yang tidak digarap dalam jangka waktu lama, akan diserahkan kepada orang lain yang lebih membutuhkan.

Hal itu disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bener Meriah, Drs Rusli M Saleh, di sela-sela peninjauan lokasi cetak sawah baru di Dusun Sayeng, Kampung Seni Antara, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kamis (7/4). “Kami meminta agar pihak kecamatan bisa segera mendata kembali lahan seluruh lahan yang ada di daerah ini,” kata Rusli M Saleh.  

Disebutkan Rusli M Saleh, dengan adanya pendataan lahan tersebut,  akan diketahui lahan-lahan yang ditelantarkan oleh pemiliknya, sehingga lahan yang ditelantarkan itu, akan diberikan kepada masyarakat yang lebih membutuhkan. “Daripada tidak dimanfaatkan, lebih baik diberikan kepada warga yang lebih membutuhkan. Masih banyak orang yang mau menggarapnya,” sebutnya.

Sementara itu, peninjauan lokasi cetak sawah baru di Dusun Sayeng, Kampung Seni Antara, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Plt Bupati Bener Meriah, Rusli M Saleh, didampingi oleh Muspika setempat, Kejari Simpang Tiga Redelong, serta dari pihak Dinas Pengairan setempat. “Kedepan kita harapkan tidak ada lagi lahan yang sengaja ditelantarkan oleh pemiliknya di kecamatan ini,” pungkas Plt Bupati Bener Meriah ini.

Sekretaris Camat (Sekcam) Pintu Rime Gayo, Ilham Abdi yang ditanyai Serambi, Jumat (8/4) mengatakan, terkait dengan arahan Plt Bupati Bener Meriah, soal pendataan lahan yang ada di kecamatan itu, pihaknya masih melakukan pemetaan lokasi. “Pendataan lahan ini, juga sudah kita sampaikan kepada kepala kampung. Untuk mendapatkan data yang valid, harus kita cek langsung ke lapangan,” ujar Ilham Abdi.

Sebagian lahan tersebut, tambahnya, akan digunakan untuk areal cetak sawah baru karena berdasarkan program Dinas Pertanian, di Kabupaten Bener Meriah untuk tahun 2016 ini, akan dibuka sekitar 3.000 hektar sawah baru. “1000 hektar di kawasan Sayeng dan 400 hektar di Sesongo, Kecamatan Pintu Rime Gayo. Sebagian arealnya, termasuk yang akan kita data nanti,” ujarnya.

Ilham Abdu menyebutkan, pendataan yang dilakukan pihaknya, selain untuk mengetahui berapa luas lahan yang ditelantarkan juga untuk menghindari persoalan di kemudian hari. Karena areal yang tidak tergarap tersebut, khususnya di kawasan Sayeng, Kampung Seni Antara akan dibuat menjadi lahan cetak sawah baru. “Kita mau melihat, mana-mana saja areal yang memang tidak lagi dimanfaatkan pemiliknya dalam jangka waktu lama,” sebutnya.(my) (uri/omario/alah/RF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id