282 Pemuda Ikut Seleksi Magang ke Jepang | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

282 Pemuda Ikut Seleksi Magang ke Jepang

Foto 282 Pemuda Ikut Seleksi Magang ke Jepang

BANDA ACEH – Sekitar 282 pemuda Aceh utusan 23 kabupaten/kota, telah mendaftarkan diri menjadi calon peserta program pemagangan ke Jepang. “Para calon diharuskan mengikuti pra seleksi atau pembekalan yang dijawalkan berlangsung mulai 24 April 2016 mendatang,” kata Kepala Dinas Tenaga dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk Aceh Kamaruddin Andalah SSos MSi, kepada Serambi, Kamis (7/4).

Katanya, program pemagangan ke Jepang itu merupakan kerjasama Kemenaker RI dengan IM Jepang.

Program pemagangan ke Jepang dapat memberikan kontribusi besar terhadap pengurangan pengangguran, sekaligus dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru, sekembalinya dari negeri Sakura tersebut.

“Setelah pulang dari sana nanti, para alumni magang mampu membuka usaha mandiri yang menyerap banyak tenaga kerja,” katanya.

Tes Kesamaptaan dan Bahasa Jepang
Pada bagian lain, Kepala Disnakermobduk Aceh, Kamarudin Andalah didampingi Kabid SDM, Tarekat menambahkan, berbeda pola perekrutan sebelumnya, bahwa mulai 2016 ini calon peserta magang ke negeri matahari terbit itu, selain dilakukan pra seleksi atau pembekalan, para calon diwajibkan mengikuti seleksi secara merathon dengan materi tes berupa administrasi, kesamaptaan, matematika,  uji fisik, kesehatan dan uji bahasa Jepang.

Pengiriman tenaga kerja ini beda dengan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia TKI pada umumnya, magang kerja ke Jepang ini merupakan murni kerja sama antar kedua pemerintah Jepang dan Indonesia.(awi) (uri/ilati/sra/MU)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id