SOP Lapas Harus Dievaluasi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

SOP Lapas Harus Dievaluasi

Foto SOP Lapas Harus Dievaluasi

BANDA ACEH – Anggota Komisi 1 DPR Aceh yang membidangi bidang Politik, Hukum, Pemerintahan, dan Keamanan, Iskandar Usman Al-Farlaky, meminta kepada Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melakukan evaluasi terhadap Standar Operasi Pelayanan (SOP) di seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Aceh, terutama terkait hak-hak yang harus diterima para penghuni.

“Harus ada evaluasi bagaimana standar sikap yang seharusnya dilakukan petugas lapas ke warga binaan mereka. Bagaimanapun juga, narapidana tetaplah seorang manusia yang harus mendapatkan hak-hak mereka, termasuk sarana dan prasarana menyalurkan hasrat biologisnya,” ujar Iskandar dalam rilisnya kepada Serambi, Kamis (7/4), menanggapi rusuh napi yang berakhir dengan pembakaran Lapas Kualasimpang.

Iskandar mengungkapkan, kerusuhan yang terjadi pada lapas di Aceh tidak cuma terjadi sekali ini saja. Bahkan di banyak kasus, kerusuhan cenderung dipicu akibat akumulasi kekecewaan napi. “Bisa karena tidak ada air bersih untuk keperluan mereka. Ada juga masalah menu makanan yang tidak sesuai, ada juga soal perlakuan yang kurang manusiawi,” tambahnya.

Realitas tersebut sambungnya, mengindikasikan adanya persoalan pada standar pelayanan pihak petugas Kemenkumham terhadap warga binaan. Dia mendesak segera dilakukan perubahan. “Kemenkumham harus memperbaiki kembali SOP petugas lapas. Tidak hanya untuk urusan keamanannya saja, tapi juga harus menyentuh wilayah mental petugas lapas itu sendiri,” tegasnya.

Dia meminta Kemenkumham serius melihat persoalan ini agar kedepan masalah serupa tidak lagi terulang, termasuk menegakkan disiplin terhadap oknum petugas lapas yang terbukti memicu kekesalan napi.(yos) (uri/leny/andraini/GC)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id