Belasan Hektare Lahan Warga Keumuning Hulu Terbakar | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Belasan Hektare Lahan Warga Keumuning Hulu Terbakar

Foto Belasan Hektare Lahan Warga Keumuning Hulu Terbakar

aceh.Uri.co.id, LANGSA — Sekitar belasan hektare lebih lahan gambut dan kawasan pertanian jenis tanaman keras di Desa Keumuning Hulu, Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur, ludes terbakar.

Kerugian masyarakat diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah dalam musibah yang melanda sejak Kamis (7/4/2016) sore. Kebakaran itu terjadi memasuki pukul 16.00 WIB, saat itu cuaca terik matahi sangat panas.

Informasi dihimpun aceh.Uri.co.id, api diduga pertama kali muncul dari lokasi lahan kosong yang masing dipenuhi jenis tanaman gambut, namun belum diketahui apakah sengaja dibakar atau bukan.

Api dengan cepat menyebar ke areal tanaman pertanian masyarakat. Akibatnya tanaman jenis karet, coklat, kelapa sawit dan lainnya ludes terbakar.

Diperkirakan masyarakat mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Pihak BPBD Langsa yang mendapat laporan kebakaran itu, sore itu mengerahkan satu unit mobil pemadam dan satu unit mobil tangki air dan mobil daouble kabin.

Sekitar pukul 19.00 WIB api baru bisa dijinakan petugas pemadam. Proses pemadaman juga melibatkan masyarakat, pemadam Aceh Timur yang mengerahkan satu mobil damkarnya dan sejumlah personil TNI dari Kodim 0104/Atim dan Polres Langsa.

Sementara itu potensi kebakaran lanjutan masih bisa saja terjadi, karena cuaca sejak berapa bulan terakhir ini cukup panas. Pihak terkait dan masyarakat diharapkan mengantisipasi hal itu. (*) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id