Hanura Jaring Balon Kepala Daerah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Hanura Jaring Balon Kepala Daerah

Foto Hanura Jaring Balon Kepala Daerah

BANDA ACEH – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) sudah membuka tahapan penjaringan bakal calon (balon) kepala daerah untuk tingkat kabupaten/kota. Pendaftaran telah dibuka sejak 30 Maret kemarin sampai 18 April nanti.

“Bagi para bakal calon yang ingin maju dan mendapat dukungan dari Partai Hanura, dipersilakan mendaftar di masing-masing kantor DPC (Dewan Pimpinan Cabang),” kata Ketua Tim Penjaringan Daerah (TPD), H Teuku Agung ST, didampingi Sekretaris TPD, Joni Erizal, kepada Serambi, Rabu (6/4).

Dijelaskan, untuk mendaftar di Hanura, setiap bakal calon bupati/wali kota dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 10 juta. Tim Penjaringan Cabang (TPC) selanjutnya akan melakukan verifikasi administrasi, untuk kemudian diteruskan ke DPC.

DPC kemudian melaporkan hasilnya ke TPD untuk dilakukan verifikasi tahap dua. Hasilnya diteruskan ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan kemudian diserahkan ke Tim Penjaringan Pusat (TPP).

Verifikasi akhir dia katakan, dilakukan oleh TPP. Bagi semua bakal calon yang lulus dalam proses penjaringan awal ini akan dikenakan biaya sebesar Rp 40 juta yang digunakan untuk pelaksanaan survei internal dari Partai Hanura. “Biaya survei ini langsung dikirim oleh bakal calon ke rekening TPP,” imbuh Agung.

Bakal calon dengan hasil survei terbaiklah yang nanti akan mendapatkan rekomendasi dari DPP untuk diusung. Keputusan tersebut akan diumumkan sekitar bulan Agustus 2016. “Bakal calon yang mendapatkan rekomendasi untuk diusung itu nanti akan disurvei lagi untuk tahap dua, dan ini tidak dipungut biaya,” ujarnya.

Untuk diketahui, dari 20 kabupaten/kota yang akan ikut pilkada nanti, Partai Hanura memiliki kursi di 10 DPRK, masing-masing Aceh Singkil (2), Abdya (2), Simeulue (2), Aceh Tenggara (5), Gayo Lues (2), Aceh Tengah (2), Bener Meriah (3), Lhokseumawe (1), Langsa (3), dan Aceh Tamiang (1).

Nah terhadap kabupaten/kota yang tidak atau hanya memiliki satu kursi, Hanura tidak melakukan survei. Meski demikian, sambung Agung, pendaftaran balon kepala daerah tetap dibuka untuk mendapatkan dukungan partai.

“Jika pasangan calon yang mau mendaftar di TPC tidak mendapat akses atau kesempatan mendaftar, maka bisa mendaftar ke TPD atau TPP. Untuk memudahkan informasi bisa langsung menghubungi nomor 08126905238 dan 085260527647,” sebut Agung.(yos) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id