Amitabh Bachchan Bantah Terlibat Skandal “Panama Papers” | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Amitabh Bachchan Bantah Terlibat Skandal “Panama Papers”

Foto Amitabh Bachchan Bantah Terlibat Skandal “Panama Papers”

aceh.Uri.co.id, NEW DELHI –Amitabh Bachchan, bintang film Bollywood, India,  membantah keterlibatan dirinya dengan perusahaan di yurisdiksi bebas pajak luar negeri (offshore company) seperti disebutkan dalam bocoran data “Panama Papers”.

Surat kabar the Indian Express melaporkan, Bachchan diangkat sebagai direktur empat perusahaan pengapalan yang terdaftar di Kepulauan British Virgin (BVI) dan Bahama pada tahun 1993.

Kemudian, aktris Aishwarya Rai dan keluarganya diangkat sebagai direktur sebuah perusahaan di BVI pada 2005 yang kemudian dibubarkan pada 2008. Rai menikah dengan putra Bachchan, Abhishekh.

Bachchan dan aktris Aishwarya Rai merupakan dua dari 500 warga India yang tercantum dalam bocoran data “Panama Papers”.

Penasihat media Aishwarya Rai mempertanyakan keaslian 11,5 juta dokumen “Panama Papers” dari firma hukum Mossack Fonseca itu.

Sedangkan Bachchan awalnya tidak merespons permintaan wawancara. Namun, belakangan dia membantah keterlibatannya.

“Saya tidak menjadi direktur dalam satupun perusahaan-perusahaan yang disebutkan itu. Mungkin nama saya telah disalahgunakan,” kata Bachchan.

Lebih jauh, aktor senior itu berkomentar soal pajak.

“Saya telah membayar semua pajak, termasuk uang yang saya belanjakan di luar negeri telah sesuai dengan hukum, termasuk remitansi melalui Skema Remitansi usai membayar pajak India,” katanya.

Sebanyak 11,5 juta data Mossack Fonseca di Panama itu,  firma hukum yang kerap disewa untuk mendirikan perusahaan di yurisdiksi bebas pajak luar negeri, bocor ke publik.

Dokumen itu pertama kali dirilis dari surat kabar Jerman, Sueddeutsche Zeitung. Kemudian disebar ke jaringan media yang terhimpun dalam Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ). (*) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id