YaPKA Akui Sudah Ada yang Melapor | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

YaPKA Akui Sudah Ada yang Melapor

Foto YaPKA Akui Sudah Ada yang Melapor

KETUA Yayasan Perlindungan Konsumen Aceh (YaPKA), Fahmiwati SE MSi kepada Serambi, Selasa (5/4) mengatakan pihaknya sudah menerima beberapa laporan dari kalangan ibu-ibu tentang kualitas beras yang apabila dimasak terus-terusan lembek.

“Setelah menerima pengaduan dari masyarakat, saya cek ke kilang padi ternyata benar. Saya tes dengan jumlah air yang biasa hasilnya berasnya lembek seperti bubur,” katanya.

Ia juga membenarkan beras cepat basi dan berbau setelah ditanak. “Saat dicoba dengan air yang sedikit hasilnya juga seperti itu, lembek. Pagi dimasak dan jam 3 sore sudah basi dan bau,” tambahnya.

Selain itu, Fahmiwati juga sempat mengecek alat penanak nasi (rice cooker), namun diakuinya, penyebabnya itu karena beras yang digunakan tidak seperti beras pada umumnya yang dimasak lalu menjadi nasi, melainkan terus-terusan lembek.

“Tetapi di tengah-tengah karung beras itu ada yang bagus, dimasak dengan air yang pas-pasan nasinya juga bagus. Jadi itu sedang saya amati, dan akan menyampaikannya ke Disperindag. Prediksi saya itu berasnya dicampur tidak satu jenis, karena pada bagian bawahnya ada yang bagus,” ujarnya.

Lanjut Fahmi, pada karung beras tersebut hanya tertulis merk, ukuran, kualitas, dan produksi. Sementara lokasi beras itu diproduksi tidak tercantum. Padahal secara umum pada karung beras tertulis lokasi produksi seperti Medan, Siantar, dan lainnya. “Tapi ini tidak,” kata Fahmiwati.(una/ari) (uri/homas/ebriani/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id