16 Unit Bus Trans Koetaradja Tiba | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

16 Unit Bus Trans Koetaradja Tiba

Foto 16 Unit Bus Trans Koetaradja Tiba

BANDA ACEH – Sebanyak 16 unit dari 25 unit bus Trans Koetaradja tiba di Banda Aceh, Senin (4/4) sekitar pukul 5.30 WIB. Bus bantuan dari Kementerian Perhubungan RI ini diangkut melalui jalur laut dan di daratkan di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara.

Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informasi dan Telematika (Dishubkomintel) Aceh, Raidin Pinim dalam konferensi pers di Terminal Batoh, Banda Aceh menyebutkan 11 unit akan melewati koridor 1 yaitu Pusat Kota- Darussalam sebanyak enam unit dan Darussalam- Pusat Kota lima unit. Jarak antara satu bus dengan bus lainnya untuk berhenti di halte selama 10 menit.

“Kita berharap dengan hadirnya bus Trans Koetaradja ini dapat mengurangi kemacetan dengan melarang putra putri kita, anak-anak sekolah yang belum boleh memperoleh SIM mengendarai sepeda motor. Kemudian memanfaatkan bus ini sebagai sarana transportasi yang dapat digunakan ke sekolah dan universitas,” ujarnya.

Sementara sembilan unit lainnya, dikatakan Raidin sedang dalam proses pengiriman dari Tanjung Priok, Jakarta Utara ke Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara. Lanjutnya lagi, direncanakan dua minggu ke depan bus yang memiliki 26 seat, empat diantaranya untuk penyandang disabilitas, serta 50 tempat pegangan ini akan dilaunching oleh gubernur. Selanjutnya akan beroperasi pada koridor 1.

“Saat uji coba nanti akan kita gratiskan ke masyarakat, sebelum dikeluarkan tarif resmi oleh pemerintah Aceh. Dan selanjutnya akan kita koordinasikan dengan gubernur Aceh. Terkait tarifnya kita usahakan bersubsidi agar dapat membantu pelajar dan mahasiswa,” sebutnya lagi yang menambahkan bus mulai beroperasi pukul 07.00 WIB – 22.00 WIB.(una) (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id