YARA Somasi Gubernur dan DPRA | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

YARA Somasi Gubernur dan DPRA

Foto YARA Somasi Gubernur dan DPRA

* Karena belum Mengibarkan Bendera Bintang Bulan

BANDA ACEH – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) mensomasi Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Tgk Muharuddin. Keduanya dinilai tidak melaksanakan Qanun Nomor 3 Tahun 2013 tentang Bendera dan Lambang Aceh meski sudah disahkan pada 25 Maret 2013.

“Kami sebagai masyarakat Aceh yang membayar pajak untuk negara sangat kecewa terhadap Gubernur dan DPRA yang tidak melaksanakan pengibaran bendera Bintang Bulan sebagai bentuk pelaksanaan Qanun Nomor 3 tahun 2013,” kata Ketua YARA, Safaruddin SH kepada Serambi, Senin (4/4).

Safaruddin menyatakan bahwa pihaknya sudah mengirimkan surat somasi kepada Gubernur Aceh dan DPRA pada Senin 4 April 2016. Surat tersebut juga ditembuskan ke Kapolda Aceh dan Kejati Aceh. Pihaknya meminta agar Gubernur dan DPRA segera mengibarkan bendera Bintang Bulan paling lama seminggu ke depan.

“Kami beri waktu kepada Gubernur dan DPRA untuk mengibarkan bendera Bintang Bulan di halaman Kantor Gubernur Aceh dan Kantor DPRA paling lama satu minggu dari tanggal surat somasi ini,” ujarnya.

Desakan itu disampaikan mengingat selama proses penyusunan hingga pengesahan qanun tersebut telah banyak menghabiskan anggaran negara. Tapi setelah disahkan dan ditandatangani oleh Gubernur dan DPRA, malah keduanya tidak melaksanakan qanun tersebut.

Bahkan sejumlah anggota DPRA beberapa kali mengatakan bahwa qanun tersebut telah sah. Tak hanya itu, DPRA juga telah mendirikan dua tiang bendera di halaman Gedung DPRA sebagai tempat dikibarnya bendera Bintang Bulan dan bendera Merah Putih.

“Tapi kenyataannya bendera itu tidak juga dikibarkan di halaman DPRA. Hal ini kami asumsikan bahwa Gubernur dan DPRA hanya menggunakan anggaran negara untuk fasilitas yang tidak penting. Ini sangat melukai hati masyarakat Aceh yang dalam taraf kehidupan ekonominya masih sangat miskin,” pungkasnya.(mas) (uri/strid/lleonora/AE)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id