Demokrat Perpanjang Masa Pendaftaran | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Demokrat Perpanjang Masa Pendaftaran

Foto Demokrat Perpanjang Masa Pendaftaran

* Sudah 50 Kandidat Mendaftar

BANDA ACEH – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PartaiDemokrat (PD) Aceh memperpanjang masa pendaftaran dan pengembalian formulir bakal calon atau kandidat kepala daerah yang akan dijaring oleh partai tersebut hingga 11 April 2016. Perpanjangan waktu dilakukan karena masih banyak balon yang belum sempat mendaftar ke PartaiDemokrat.

Hingga Senin (4/4), sudah 50 orang kandidat yang mendaftar ke partai pimpinan mantan presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono ini. Dari 50 kandidat itu, sebanyak 48 orang adalah kandidat bupati/wali kota, dan dua balon gubernur, yaitu Tarmizi A Karim dan Ahmad Farhan Hamid.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Tim Penjaringan Balon, Yunus Ilyas, didampingi Wakil Ketua Tim Penjaringan Balon, Iqbal Farabi, Wakil Ketua PD Aceh, Aisyah, Ketua Fraksi PD di DPRA, HT Ibrahim, dan sejumlah pengurus lainnya kepada wartawan di Plaza Demokrat Aceh (Kantor DPD PD Aceh), Senin (4/4).

“Sebenarnya pendaftaran dibuka sejak 24 Maret hingga 4 April 2016. Tapi ada beberapa pertimbangan DPP yang harus kami lakukan, mengingat masih banyak balon yang belum bisa mendaftar. Atas pertimbangan itu, kami bersepakat menambah waku pendaftaran sampai 11 April 2016,” katanya.

Yunus menjelaskan, pihaknya memberikan kesempatan kepada semua balon untuk memanfaatkan sisa waktu yang diberikan tersebut. Berdasarkan data pihaknya, hingga kemarin terdapat beberapa balon dari lima kabupaten kota yang sudah mengambil formulir tapi belum mengembalikan ke DPD PartaiDemokrat Aceh.

“Daerah-daerah yang akan datang dalam enam hari ke depan yaitu, dari Aceh Tamiang ada lima balon, Kota Langsa lima balon, Aceh Timur dua balon, Aceh Utara dua balon, Pidie satu balon, dan Aceh Jaya tiga balon yang akan dibawa kemari (Kantor DPD PD Aceh). Untuk memenuhi kesempatan itu maka diperpanjang sampai 11 April 2016,” ujarnya.

Sebanyak sembilan bakal calon (balon) bupati/wali kota dari beberapa daerah di Aceh, Minggu (4/4) kemarin, mengembalikan berkas formulir ke PD Aceh. Pengembalian itu dilakukan oleh masing-masing balon yang didampingi pendukungnya.

Mereka yang mengembalikan formulir kemarin adalah Zulkifli Doli (Lhokseumawe), Zulkifli H Adam (Sabang), Raidin (Aceh Tenggara), Aminullah Usman (Banda Aceh), Akmal Ibrahim (Aceh Barat Daya), Muazam (Aceh Barat Daya), Razakna (Aceh Barat Daya), Ramli Syarif (Gayo Lues), dan Hj Salamah (Gayo Lues).

Ketua Tim Penjaringan Balon, Yunus Ilyas, menyatakan, setelah semua berkas yang diterima, kemudian pihaknya akan melakukan verifikasi berkas, fit and proper test, dan melakukan komunikasi dengan Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) PartaiDemokrat Aceh sebelum diserahkan ke DPP PartaiDemokrat untuk disurvei.

“Menurut informasi, khusus untuk Aceh (survei) dilakukan selama tiga minggu, mulai minggu ini sampai dua minggu depan. Survei ini sepenuhnya ditangani oleh DPP, baik lembaganya maupun kegiatannya. Itu dibuat supaya tidak ada intervensi dari calon ataupun DPD dan tim penjaringan. Jadi kami tidak tahu siapa yang melakukan survei, cuma hasilnya nanti yang disampaikan ke tim penjaringan,” kata Iqbal Farabi.(mas) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id