Jembatan Ambruk belum Ditangani | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Jembatan Ambruk belum Ditangani

Foto Jembatan Ambruk belum Ditangani

* Di Dayah Tuha

SIGLI – Pemerintah belum juga memperbaiki satu jembatan penghubung Gampong Dayah Tuha di Kecamatan Sakti, dengan Gampong Kulu di Kecamatan Mila, yang ambruk sejak tiga bulan lalu akibat banjir.

Pantauan Serambi Minggu (3/4), setiap hari warga harus bertaruh nyawa karena terpaksa menaiki jembatan darurat yang dibangun seadanya oleh warga, dan sangat mengundang bahaya karena dibangun tidak sesuai standar keselamatan.

Sementara, upaya dari pihak pemerintah malah hampir tidak ada, karena hingga kini kondisi ini terus dibiarkan.

Sekretaris Desa (Sekdes) Gampong Dayah Tuha, Ibrahim, mengatakan pascaambruknya jembatan ini, pejabat pemerintah dan anggota dewan ramai-ramai meninjau lokasi. “Tapi, sampai kini belum ada tanda-tanda jembatan tersebut ditangani. Kunjungan itu sama sekali tak ada artinya, karena para pengambil keputusan ini ternyata tak bisa berbuat apa-apa untuk warganya yang terancam bahaya,” tukasnya.

Ia pun sangat kecewa dengan sejumlah anggota DPRK Pidie yang tebar pesona di lokasi saat kejadian itu terjadi, tak mampu mewujudkan janji yang diucapnya di hadapan warga, terkait upaya mengatasi persoalan ini. “Warga ingin mendapat kepastian kapan perbaikan jembatan itu dilakukan, meski penanganan sementara, namun diharapkan konstruksinya lebih layak dan tak mengundang bahaya,” kata Ibrahim.

Saat ini, warga telah memasang batang kelapa secara swadaya untuk lantai jembatan, yang hanya bisa dilintasi roda dua dengan risiko tercebur ke sungai. Sedangkan warga yang takut melintasi jembatan darurat ini, harus rela menempuh rute memutar sejauh empat kilometer ke pusat kecamatan.

Kepala Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) Pidie, Muhammad Nazar ST MT, yang dihubungi Serambi, terkait hal ini, mengaku Pemkab Pidie belum bisa menangani perbaikan jembatan yang ambruk itu, karena alasan lama, yakni kekurangan anggaran. Karena Pemkab juga telah memplotkan dana untuk pembangunan tujuh unit jembatan lain yang juga rusak.

“Untuk jembatan Dayah Tuha, akan ditangani dengan anggaran APBK-Perubahan tahun 2016. “Kami harap warga bisa bersabar karena perbaikan jembatan tersebut akan ditangani dalam APBK-P tahun ini,” katanya.(naz) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id