Wali Kota Minta Unicef Ikut Tangani LGBT | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Wali Kota Minta Unicef Ikut Tangani LGBT

Foto Wali Kota Minta Unicef Ikut Tangani LGBT

BANDA ACEH – Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal meminta Unicef membantu Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh dalam menangani masalah Lesbian, Gay, Bisexsual, dan Transgender (LGBT) di Banda Aceh. Hal tersebut disampaikan Illiza dalam pertemuan bersama Kepala Perwakilan United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF) Aceh, Andi Yoga Tama, Jumat (1/4) di Balai Kota Banda Aceh.

Illiza Sa’aduddin Djamal meminta Unicef membuat program khusus untuk menangani LGBT, yang berat diisukan menyasar generasi muda Banda Aceh. “Menurut pendapat ahli, penanganann LGBT tidak cukup dengan melibatkan psikolog dan sosiolog, namun juga kriminolog sebab tergolong kejahatan seksual,” kata dia.

Illiza menambahkan, Pemko Banda Aceh telah membentuk tim khusus untuk menangani fenomena LGBT mulai dari tahap pencegahan hingga tahapan penegakan hukum. “Soal rehabilitasi terhadap mereka, kita masih mencari format yang tepat. Saya berharap Unicef dapat mengusulkan program terkait hal itu,” ujarnya, seraya menyebut fenomena punk juga menyasar remaja Banda Aceh.

Sementara itu, Andi Yoga Tama selaku perwakilan Unicef menyambut baik permintaan Pemko Banda Aceh itu. Dia mengusulkan agar dibuat Pusat Konseling Keluarga, sebab masalah sosial itu berakar dari kekerasan dalam keluarga. “Menangani LGBT butuh penguatan di dalam keluarga. Biasanya anak yang memiliki ayah yang jahat, berpotensi lebih besar untuk menjadi jahat saat ia beranjak dewasa,” kata Andi.

Selain itu kata dia, mayoritas pemicu seseorang menjadi LGBT adalah trauma akibat kekerasan seksual terutama pada anak. “Mirisnya lagi hal itu lebih banyak terjadi di dalam sebuah keluarga,” ujarnya, seraya menyampaikan rencana kedatangan Kepala Perwakilan Unicef Indonesia ke Banda Aceh pada 18 April mendatang untung membahas sejumlah program dengan Pemko Banda Aceh.(fit/rel) (uri/wi/ovi/ovianti/DNN)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id