Kamera Pengintai Menjadi Keharusan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Kamera Pengintai Menjadi Keharusan

Foto Kamera Pengintai Menjadi Keharusan

SALAH satu peranti untuk sistem keamanan yang harus dilengkapi oleh pengelola doorsmeer adalah kamera pengintai atau CCTV (Closed Circuit Television). Di Aceh Barat dilaporkan, hampir semua doorsmeer yang mengkhususkan cuci mobil sudah memasang CCTV. Di Lhokseumawe pun demikian. Sementara di Banda Aceh masih banyak yang belum memasang teknologi tersebut.

Di Bireuen, ada belasan doorsmeer besar yang banyak pengunjung, terutama pada hari-hari libur. Sebagian besar juga sudah memakai CCTV. Salah satunya adalah Doorsmeer U Cot, Geulanggang Baro, Kota Juang. Mereka sudah jera, setelah mobil Pajero Sport milik pelanggan hilang. Saat itu sang pelaku bernama Akbar, mengaku rekan si pemilik mobil. Alhasil, mobil Pajero Sport itu berhasil dibawa lari.

Polisi tidak tinggal diam. Meski tanpa CCTV yang dapat merekam wajah pelaku, polisi berhasil juga melacak jejaknya hingga ke Medan. Mobil didapatkan di Medan saat hendak dijual.

Dalam proses peradilan kemudian, tersangka divonis 1 tahun 8 bulan penjara di Bireuen. Ironisnya, tersangka Akbar usai keluar dari Rutan Bireuen, kembali melakukan aksinya di Banda Aceh pada Selasa 29 September 2015. Pelaku mencuri Honda CRV yang hilang di Jalan Supratman, Peunayong. Berkat kesiapan aparat penegak hukum dan koordinasi dengan Polres lainnya, mobil tersebut berhasil ditemukan oleh Satlantas Polres Pidie di kawasan Ulee Gle, Pijay.

Sejak kejadian itu, sistem penitipan dan cuci mobil di doorsmeer U Cot dan beberapa doorsmeer lainnya di Bireuen diperketat. Ketika pemilik menitipkan mobil, karyawan memberikan bon bukti penyerahan mobil. Mobil diambil paling lambat pukul 17.00 WIB. Jika tidak diambil dalam rentang waktu yang ditentukan, pemilik doorsmeer menyatakan tidak bertanggung jawab. Begitulah.(sak/yus) (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id