Golkar Aceh Jaring Balon Kepala Daerah | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Golkar Aceh Jaring Balon Kepala Daerah

Foto Golkar Aceh Jaring Balon Kepala Daerah

* Batas Akhir Penyerahan Nama 5 April

BANDA ACEH – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Aceh saat ini tengah melakukan penjaringan bakal calon kepala daerah untuk tingkat kabupaten/kota. Nama-nama yang muncul nantinya akan disurvei, baru kemudian Golkar mengumumkan siapa calon yang akan diusung atau didukung dalam pilkada nanti.

Demikian disampaikan Ketua DPD I Partai Golkar Aceh, TM Nurlif, kepada Serambi, seusai rapat persiapan pelantikan pengurus yang berlangsung di Hotel Permata Hati, Aceh Besar, Sabtu (2/4).

“Sesuai dengan juklak (petunjuk pelaksanaan) dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat), kita sudah sampaikan kepada DPD II untuk melakukan penjaringan bakal calon bupati, wakil bupati, wali kota, dan wakil wali kota,” kata Nurlif didampingi Ketua Harian Golkar Aceh, Yusuf Ishaq.

Surat pemberitahuan kepada DPD II itu disebutkannya sudah dikirim sejak seminggu lalu, dan pihaknya mengharapkan nama-nama bakal calon sudah harus masuk ke DPD I paling lambat tanggal 5 April 2016 nanti. “Nama-nama yang diajukan paling banyak 10 orang dan paling sedikit 5 orang. Bisa dari internal partai mapun dari luar partai,” imbuhnya.

Dari nama-nama yang masuk nanti, DPD I dan DPD II nanti akan melakukan telaahan bersama sehingga nama-nama bakal calon mengerucut menjadi tiga orang. Nama-nama inilah yang akan dikonsultasikan ke DPP sebelum akhir April nanti.

“DPP memiliki diskresi untuk menambah nama bakal calon, untuk kemudian dilakukan survei. Baru selanjutnya diumumkan siapa yang akan diusung atau didukung oleh Partai Golkar, termasuk mempertimbangkan berkoalisi dengan partai lain, baik partai lokal maupun parnas,” jelas Nurlif.

Mengenai calon gubernur, meskipun DPP sampai saat ini belum memberikan keputusan, tetapi DPD I Golkar Aceh sudah bisa dipastikan akan mengusung TM Nurlif, mengingat ia merupakan satu-satunya bakal calon yang berasal dari Partai Golkar.

Saat ditanyai kemarin, Nurlif mengungkapkan akan menggelar deklarasi dalam waktu dekat, sekaligus dengan acara pelantikannya kepengurusan DPD I Partai Golkar Aceh. “Kita akan menggelar deklarasi pada tanggal 10 April nanti di Hotel Hermes Palace,” sebutnya.

Terkait sikap DPP, Nurlif menjelaskan bahwa pada saatnya nanti DPP akan memberikan pertimbangan, termasuk kemungkinan berkoalisi dengan partai lain, baik itu dengan partai nasional maupun partai lokal.

Struktur kepengurusan DPD I Partai Golkar Aceh saat ini telah lengkap dan tinggal menunggu pelantikan yang direncanakan pada tanggal 10 April nanti. Total jumlah pengurus mencapai 100 orang, yang sebesar 30 persennya merupakan perempuan.

Ketua DPD I Partai Golkar Aceh, TM Nurlif, mengatakan, pemilihan nama-nama pengurus itu sudah melalui proses seleksi yang sangat ketat, antara lain dengan pertimbangan akomodatif, demografis, dan geografis. (Lihat Daftar Pengurus)

“Sebenarnya masih cukup banyak nama-nama yang pantas menjadi pengurus DPD I. Tetapi oleh karena ada batasan dari DPP, maka jumlah pengurus tidak boleh lebih dari 100 orang,” ucapnya.

Oleh sebab itu, terhadap nama-nama lain yang dianggap potensial, akan ditempatkan pada lembaga-lembaga strategis, seperti badan pemenangan pemilu, badan pelaksanaan kaderisasi, serta kelompok kerja (pokja) lain yang perlu segera dibentuk, baik di tingkat DPD I maupun DPD II, sehingga semuanya bisa bekerja optimal.

“Kita juga akan mengupayakan dalam waktu yang tidak terlalu lama akan membentuk kepengurusan Partai Golkar di tingkat gampong (desa),” ungkapnya.

Kepengurusan tingkat gampong ini akan menjadi ujung tombak dalam rangka meraih target, baik dalam pilkada, pemilihan legislatif, dan pemilihan presiden. “Sekaligus sebagai infrastruktur perpanjangan tangan Partai Golkar untuk menyerap aspirasi rakyat di tingkat yang paling basis (dasar),” tambah Nurlif.

Dia berkeyakinan, program yang baik untuk rakyat akan mendapat dukungan dari partai-partai lain, yang sama-sama bertujuan untuk membuat pemerintah produktif dan memberikan optimisme terhadap kualitas kehidupan rakyat Aceh yang lebih baik.(yos) (uri/ngbert/atoel/EL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id