MEA Tantangan Terbesar Lulusan PT | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

MEA Tantangan Terbesar Lulusan PT

Foto MEA Tantangan Terbesar Lulusan PT

* UTU Gelar Dies Natalis Ke-2

MEULABOH – Kehadiran Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) kini menjadi tantangan terbesar bagi lulusan perguruan tinggi (PT) di Indonesia. Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Dirjen Belmawa Kemenristekdikti) Prof Intan Ahmad PhD menegaskan hal itu pada Dies Natalis ke-2 Universitas Teuku Umar (UTU) yagn berlangsung kampus tersebut di Alue Penyareng, Meulaboh, Aceh Barat, Sabtu (2/4).

Pada acara itu turut hadir Rektor UTU Prof Jasman J Ma’ruf MBA PhD, Wabup Aceh Barat Rachmat Fitri HD MPA, Wabup Aceh Selatan, Kamarsyah serta staf ahli Gubernur Aceh Abubakar dan anggota DPRA daerah pemilihan barat selatan Aceh (Barsela), para pejabat dan sejumlah undangan lainnya. Pada kegiatan dies natalis UTU ke-2 ini turut pula diresmikan penggunaan gedung LaboratoriumTeknikal Kampus UTU.

Prof Intan Ahmad yang juga guru besar Institut Teknologi Bandung (ITB) mengemukan bahwa Indonesia memiliki 4.400 universitas dengan 23 ribu Prodi, 7 juta mahasiswa dan 250 ribu dosen. Karena itu, dengan besarnya fasilitas dan ketersediaan SDM tersebut, diharapkan akan menjadi modal mendidik lulusan yang siap pakai dan mampu membuka lapangan kerja baru.

“Perguruan tinggi tidak hanya dituntut untuk menyediakan pendidikan tinggi yang berkualitas, tetapi juga menghasilkan lulusan yang siap pakai dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru,” ujarnya.

Sementara itu Rektor UTU Jasman J Ma’ruf mengharapkan semua pihak bekerja sama agar kampus UTU dapat menjadi kebanggaan masyarakat Aceh khususnya barat selatan Aceh dengan menghasilkan lulusan yang berjiwa wirausaha dan unggul dalam bidang riset di sektor agro dan perikanan. “Karna kampus ini memiliki icore product sebagai kampus agro and marine industry,” kata Jasman.(riz) (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id