Bireuen-Aceh Utara Dominan | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Bireuen-Aceh Utara Dominan

Foto Bireuen-Aceh Utara Dominan

* Babak 16 Besar DNC Regional Aceh

BANDA ACEH – Bireuen dan Aceh Utara mendominasi dengan menempatkan masing-masing tiga wakil di babak 16 besar Kualifikasi Aqua Danone Nations Cup (DNC) Regional Aceh. Keberhasilan ini setelah mereka menjadi juara grup di babak penyisihan yang digelar di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, kemarin.

Keberhasilan Bireuen menempatkan tiga wakilnya, yakni SSB Fatin Putra Peusangan, SSB Barata Reuleut, dan SSB Bijeh Mata. Fatin Putra lolos setelah menjadi juara Grup B. Mereka mampu menyingkirkan SSB Takengon United dan SSB Achbar FC. SSB Barata Reuleut tampil sebagai jawara Grup A setelah mendepak SSB Real Madrid dan SSB Matangkuli. Bijeh Mata merebut Grup J seusai memulangkan SSB Bintang Garuda dan SSB Tunas Garuda.

Sedangkan tiga duta Aceh Utara yaitu SSB PTB Dewantara, SSB Bayuna Putra, dan SSB Persibal. Dewantara berjaya di Grup G yang dihuni SSB Bintang Samudra dan SDU Iqra’ Sigli. Kemudian Bayuna Putra merebut puncak Grup K setelah bersaing dengan SSB Jumpa Junior dan SSB Bagura. Selanjutnya Persibal mampu berkuasa di Grup O seusai menyisihkan SSB Elang Biru dan SSB Nusantara FC.

Pidie mampu menempatkan dua wakilnya di babak 16 besar, yaitu SSB Corola Tijue, dan SSB Tunas Porlak Lampoh Krueng. Corola lolos sebagai juara Grup L setelah menjatuhkan SSB Gajah Puteh dan SSB Boca Junior. Tunas Porlak sebagai juara Grup H secara digdaya menjegal SSB Aneuk Rincong dan SSB Rajawali Julok.

Kemudian delapan daerah mengirim masing-masing satu wakilnya, yaitu SSB Tunas Baru Sabang, SSB Trumon Banda Aceh, SSB Dragon Aceh Singkil, dan SSB Raja Barona Aceh Selatan. Selanjutnya SSB Putra Pesisir Nagan Raya, SSB Tamiang United Aceh Tamiang, SSB Bina Muda Aceh Besar dan SSB Posila Lhokseumawe.

SSB Trumon menjadi satu-satunya tim yang lolos lewat penarikan tos di Grup F yang melibatkan SSB Kuta Tinggi Abdya, dan SSB SDN 2 Giegieng Pidie. Ini terjadi akibat ketiga tim sama-sama mengantongi tiga poin. Karena Kuta Tinggi menaklukkan Cot Giegieng, 2-0. Kemudian Cot Giegieng menaklukkan Trumon, 2-0. Selanjutnya Trumon menang atas Kuta Tinggi, 2-0. Tim Trumon yang dimanajeri T Muthalla alias Cekgu ini beruntung lewat tos hingga menyelamatkan muka tuan rumah Banda Aceh.

16 tim yang lolos ini akan bersaing untuk memperebutkan babak delapan besar dan saling menghabisi untuk masuk semifinal. Duel sengit kembali terjadi guna merebut tiket final. Ini merupakan partai yang paling diincar semua tim demi menjadi juara Regional Aceh. Karena tim juara mewakili Aceh ke babak final nasional pada 23-24 Juli di Jakarta. Kemudian juara nasional menjadi duta Indonesia ke final dunia di Perancis pada Oktober 2016 yang diikuti 32 negara. “Alhamdulillah babak penyisihan grup hari pertama telah selesai. Besok (hari ini-red) hari kedua bertanding hingga ke final,” ujar Ketua Panitia, Muhammad Ansar.

Koordinator Aqua DNC Regional Aceh, Zahirsyah Oemardy mengatakan, sebelum pertandingan dimulai, seluruh panitia melakukan hening cipta dengan membaca Al-Fatihah, untuk mengenang Penanggung Jawab Aqua DNC Aceh, Atqia Abubakar, yang telah meninggal dunia beberapa waktu lalu. Ini momen yang cukup mengharukan bagi panitia yang telah lama bersama almarhum dalam membina sepakbola usia dini. “Beliau telah berjasa atas kiprahnya terhadap terselenggaranya Aqua DNC di Aceh beberapa tahun terakhir ini,” ujarnya.

Pertandingan DNC Regional Aceh ini diikuti 47 tim setelah satu tim terpaksa dididkualifikasikan. Festival sepakbola anak usia dini ini dibuka Kepala Bidang Olahraga Dispora Aceh, Musri Idris mewakili Pemerintah Aceh. Sedangkan pertandingan diawali dengan tendangan pertama yang dilakukan Ketua Harian KONI Aceh, Kamaruddin Abubakar alias Abu Razak.(adi) (uri/itri/elmeizar/FD)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id