MPU Abdya Vakum | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

MPU Abdya Vakum

Foto MPU Abdya Vakum

* Warga Kesulitan Berkonsultasi

BLANGPIDIE – Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Barat Daya vakum selama hampir dua bulan terakhir sejak berakhir masa pengurus 14 Februari lalu. Kondisi ini membuat masyarakat kecewa lantaran tidak ada lembaga tempat berkonsultasi atau bertanya tentang hukum agama. Tgk H Abdurrahman Badar, Ketua MPU Abdya periode 2011-2016 ketika dihubungi, Rabu (30/3) menjelaskan, pihaknya tidak lagi melaksanakan tugas sebagai ketua MPU setelah masa kepengurusan berakhir 14 Februari lalu.

Namun demikian ulama dayah di Kecamatan Blangpidie tersebut mengaku sekali-kali juga datang ke Sekretariat MPU Abdya, tetapi tidak lagi meneken surat. “Kalau sekali-kali datang untuk bersilaturahmi, saya masuk ke ruangan kerja Sekrertaris MPU,” katanya.

Ketika masih aktif sebagai Ketua MPU Abdya, Tgk H Abdurrahman Badar sering melayani masyarakat yang datang untuk bertanya tentang hukum Islam dalam bidang tertentu. “Ada warga yang datang ke MPU bertanya tentang konflik rumah tangga yang dihadapi. Kita layani dengan memberikan pandangan sesuai aturan Islam,” ungkapnya. Namun setelah berakhir masa kepengurusan selama lebih satu bulan terakhir, Tgk H Abdurrahman Badar tidak tahu lagi kapan dibentuk kepengurusan MPU yang baru melalui musyawarah daerah (Musda).

“Kami tidak tahu kapan dilaksanakan Musda untuk membentuk kepengurusan baru,” katanya.

Panitia Sudah Dibentuk
Sementara itu Sekretaris MPU Abdya, H Mansur SPd dihubungi Serambi, Rabu (30/3) menjelaskan, panitia Musda ke-III MPU Abdya sudah dibentuk sehingga Musda dapat dilaksanakan April. Panitia Musda MPU tersebut diketuai Drs M Hanafiah AK SH MM (Asisten Pemerintahan Setdakab) dan Sekretaris H Mansur SPd (Sekretaris MPU). Mansur menjelaskan, Musda MPU diikuti 32 peserta yang bakal menjadi pengurus MPU Abdya Periode 2016-2021. “Nama-nama mereka sudah dikirim ke bupati,” ungkapnya.(nun) (uri/ndra/ndrianto/IA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id