Aceh Tengah Salurkan Soal UN | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Aceh Tengah Salurkan Soal UN

Foto Aceh Tengah Salurkan Soal UN

* Dititip di 14 Polsek

TAKENGON – Dinas Pendidikan Aceh Tengah mulai menyalurkan soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/sederajat ke seluruh kecamatan pada Jumat (1/4). Naskah ujian itu dititip di 14 Polisi Sektor (Polsek) atau berada di 14 kecamatan yang direncanakan tiba seluruhnya pada Sabtu (2/4) untuk dibagikan pada Senin (4/4).

Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum dan Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdikbud Aceh Tengah, Syafrianda Selian, Jumat (1/4) menjelaskan penyaluran soal ujian tidak langsung ke sekolah, tetapi dititip di Polsek. “Kebijakan ini sudah diatur dengan tujuan agar soal UN tingkat SMA pada 4 sampai 7 April 2016 mendatang terjaga keamanannya,” jelasnya.

Dia menyatakan sebagian besar naskah soal UN sudah distribusikan melalui Polsek masing masing Kecamatan, sehingga pihak kepolisian di Polsek  yang menyalurkan ke sekolah di masing-masing. Syafrianda menegaskan selama proses pendistribusian naskah atau soal Ujian Nasional ke kecamatan dan sekolah, akan terus mendapat pengawalan dari polisi.

“Paling lambat, soal ujian akan tiba di sekolah masing masing pada hari Sabtu atau Minggu, sehingga pada hari Senin semua soal dan lembar jawaban dapat dibagikan di setiap sekolah yang melaksanakan UN,” ujar Syafrianda.  Disebutkan, peserta yang akan mengikuti UN mencapai 2.209 orang, dengan rincian, SMA 1.463 peserta, MA 746 peserta, dan SMK sebanyak 531 peserta.

“Tidak semua peserta UN dengan cara manual, karena dari total peserta, 269 pelajar menggunakan ujian nasional berbasis komputer atau UNBK,” demikian Syafrianda. Dia berharap, para pelajar yang akan mengikuti UN harus mempersiapkan diri dengan baik, termasuk kesehatan agar fisik dan mental telah siap menghadapi UN.

Gayo Lues
Sedangkan dari Blangkejeren, Gayo Lues dilaporkan, jumlah peserta ujian nasional (UN) tingkat SMA/MA dan SMK sebanyak 1.110 siswa. Mereka akan mengikuti ujian secara serentak mulai 4 April 2016 di 18 sekolah penyelenggara yang tersebar di 11 kecamatan.

Dari jumlah sekolah penyelenggara UN, hanya satu sekolah yang melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sedangkan lainnya masih secara manual dan mengunakan lembar jawaban komputer. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Galus, Drs M Jamin, kepada Serambi, Selasa (29/3) mengatakan hanya SMAN1 Blangkejeren yang melaksanakan UN Berbasis Komputer  

Dia meminta para peserta UN dan UNBK agar memanfaatkan waktu dengan baik, selain menjaga kesehatan dan menghindari bergadang maupun aktivitas yang kurang bermanfaat. Dia juga berharap, agar orang tua terus mengawasi anak-anaknya terutama yang akan mengikuti ujian nasional.

Aceh Tenggara
Dari Kutacane, Aceh Tenggara (Agara) dilaporkan, peserta UN SMA, SMK dan MAN sebanyak 3.185 peserta, dan 291 pelajar lainnya mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Agara, Indra Utama SPd MPd, Jumat (1/4) mengatakan, jumlah peserta UN sebanyak 3.476 siswa yang terdiri dari tingkat SMA sebanyak 2.218 orang, SMK 638 orang, MAN 620 orang.

Dari jumlah itu, yang mengikuti UN berbasis komputer hanya 291 orang, yakni  SMKN1 Kutacane karena satu-satunya sekolah yang memiliki fasilitas lengkap untuk proses UNBK. Menurut dia, soal UN telah datang dan diamankan di Gedung P3G Bambel di bawah pengawasan Kepolisian Polres Agara.(muh/c40/as)

peserta un sma
* 2.209 Siswa Aceh Tengah
* 1.110 Siswa Gayo Lues
* 3.476 Siswa Aceh Tenggara  (uri/anni/addad/BH)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id