RSIA Bisa Turun Peringkat | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

RSIA Bisa Turun Peringkat

Foto RSIA Bisa Turun Peringkat

SEMENTARA itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Dr dr M Yani MKes mengatakan, Pemerintah Aceh bisa saja menurunkan tipe Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Banda Aceh setelah melalui proses evaluasi jika rumah sakit itu terbukti tidak dapat memberikan pelayanan medis sesuai dengan prosedur tetap yang ada.

Penurunan status akan berdampak pada berkurangnya uang jasa medis yang selama ini dialokasikan untuk rumah sakit milik Pemerintah Aceh tersebut. “Rumah sakit yang tak melayani sesuai protap atau SOP bisa kita usul diturunkan kelas atau status BLUD-nya, termasuk RSIA dan klinik-klinik akan kita evaluasi,” kata M Yani menanggapi kasus di RSIA itu kemarin.

Menurutnya, RSIA merupakan rumah sakit bertipe B yang sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Dengan berstatus BLUD, rumah sakit ini bisa mandiri dan lebih fleksibel dalam mengelola keuangannya.

Menurut Yani, beberapa rumah sakit di kabupaten/kota juga getol berjuang untuk menaikkan tipe yang rata-rata C. Jika status naik ke B, apalagi A, maka pemasukan rumah sakit akan meningkat lantaran BPJS Kesehatan memberikan uang jasa pelayanan medis yang berbeda untuk medical treatment yang sama.

“Kita punya uang yang banyak, apalagi di bidang kesehatan. Dokter juga ada, peralatan pun memadai, lalu apa yang kurang? Yang kurang mungkin hati. Saya berharap bekerjalah dengan hati,” kata Yani.

Ia juga berharap ibu hamil memeriksakan diri secara teratur ke puskesmas terdekat demi menghindari risiko fatal saat bersalin, baik terhadap ibu maupun bayinya. (sak) (uri/sih/ebrinaldy/AF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id