Dokter Nyatakan Nurman R Sehat Jiwa | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Dokter Nyatakan Nurman R Sehat Jiwa

Foto Dokter Nyatakan Nurman R Sehat Jiwa

* Kasus Bupati Batalkan Keuchik Terpilih

TAPAKTUAN – Nurman R, keuchik terpilih Desa Air Pinang, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan dinyatakan sehat jiwa. Kesimpulan tersebut berdasarkan data rekam medis yang dikeluarkan Rumah Sakit Jiwa Banda Aceh dalam surat keterangan bernomor: 440.3/1610 tertanggal 30 Maret 2016. Surat tersebut menyatakan berdasarkan pemeriksaan menggunakan alat Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) indeks kapasitas mental Nurman R berada di angka 8.46 (baik) dengan profil klinis: gangguan klinis negatif, indeks kepribadian dasar: 7.5 (baik) dengan hasil: sehat jiwa.

Surat keterangan tersebut ditandatangani dr Sukristoro Wardoyo, SpKJ. “Dari hasil tersebut bisa kita simpulkan bahwa Nurman R, selaku keuchik terpilih Desa Air Pinang, Kecamatan Tapaktuan tidak mengalami gangguan jiwa,” kata Asrulliadi SH, warga Desa Air Pinang kepada Serambi, Kamis (31/3).

Menurutnya berdasarkan hasil rekam medis tersebut, maka tidak alasan lagi bagi Bupati Aceh Selatan untuk tidak melantik Nurman R. Sebab, katanya, surat BLUD RSUD-YA tentang surat keterangan dirawat Nomor: 853/2569 TANGGAL 17 Desember 2015 yang ditandatangani dr Rina Hastuti Lubis, SpKj tidak menerangkan bahwa yang bersangkutan mengalami gangguan jiwa. “Dalam surat tersebut hanya diterangkan yang bersangkutan pernah dirawat selama satu minggu. Jadi apa dasar bupati tidak melantik keuchik terpilih kami?” katanya.

Sementara itu Nurman R, keuchik terpilih Gampong Air Pinang, Kecamatan Tapaktuan meminta Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra SH tidak langsung memvonis dirinya mengalami gangguan jiwa. Sebab menurutnya, pencalonan dirinya sebagai keuchik didasari atas adanya surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari Rumah Sakit Pemerintah sebagaimana yang dipersyaratkan dalam Qanun No 4 Tahun 2009 tentang Tata Cara Pemberhentian dan Pengangkatan Keuchik di Aceh.

“Seharusnya beliau (bupati-red) lebih bijak dalam menyikapi persoalan yang terjadi di masyarakat,” ungkap Nurman R. Sebelumnya Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra membatalkan hasil pemilihan keuchik Gampong Air Pinang, Kecamatan Tapaktuan yang dimenangkan Nurman R. Tindakan bupati dinilai telah mengabaikan hak demokrasi rakyat dan bertindak semena-mena. Sebab, hanya atas dasar yang bersangkutan pernah dirawat di rumah sakit jiwa, bupati langsung memvonis Nurman R selaku keuchik terpilih mengalami gangguan jiwa.(tz) (uri/aufik/arahdiba/TF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id