Bupati Nasaruddin Targetkan Raih WTP Lagi | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Bupati Nasaruddin Targetkan Raih WTP Lagi

Foto Bupati Nasaruddin Targetkan Raih WTP Lagi

TAKENGON – Bupati Aceh Tengah, Ir H Nasaruddin MM kembali menargetkan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan 2015.

Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2015 telah diserahkan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Aceh di Banda Aceh, Kamis (31/3) pagi.

Nasaruddin menyerahkan langsung kepada Kepala BPK Perwakilan Aceh, Maman Abdulrachman. Nasaruddin mengatakan pihaknya tidak mungkin menyampaikan laporan keuangan tepat waktu tanpa didahului koordinasi yang baik dengan pihak BPK perwakilan Aceh. “Sebelumnya, BPK sudah melakukan pemeriksaan awal. Tentu saja ini memacu jajaran Pemkab untuk lebih menyempurnakan laporan,” katanya.

Dia mengaku pengelolaan keuangan telah menjadi perhatian utama, karena itu pihaknya fokus membenahi sistem dan sumber daya aparatur yang berkenaan dengan pengelolaan keuangan. “Sumber daya aparatur pada unit kerja yang menangani pengelolaan keuangan daerah terus diperkuat, termasuk juga meningkatkan sistem dan kerjasama yang baik,” sebut Nasaruddin.

Terkait peluang kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Nasaruddin menyebutkan optimis bisa kembali meraih WTP. Hal tersebut didasari pondasi sumberdaya aparatur dan sistem pengelolaan keuangan di jajarannya yang sudah berjalan baik selama ini. “Sistem pengelolaan keuangan sudah berjalan baik selama ini, sehingga kalaupun ada hal yang baru, hanya penyesuaian saja,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan Aceh, Maman Abdulrachman menyebutkan pihaknya mengapresiasi Pemkab Aceh Tengah karena telah menyampaikan laporan keuangan daerah tepat waktu dan sesuai ketentuan. “Sesuai ketetapan peraturan bahwa pemerintah daerah diharuskan untuk menyampaikan laporan keuangan dalam masa tiga bulan setelah berakhirnya tahun anggaran,” jelas Maman.

Ditambahkan, banyak daerah di Aceh yang punya anggaran kecil, seharusnya bisa lebih cepat menyampaikan laporan keuangan. Tapi Aceh Tengah dengan anggaran yang relatif besar selalu dapat menyampaikan LKPD tepat waktu. “Saa ini, masih dalam rentang waktu yang diatur sesuai ketentuan,” jelas Maman sembari menyebutkan akan segera melakukan pemeriksaan terhadap LKPD Aceh Tengah.(my) (uri/evo/stuti/RA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id