Hakim Tolak Praperadilan Azman | Aceh Uri.co.id

Aceh Uri.co.id

Menu

Hakim Tolak Praperadilan Azman

Foto Hakim Tolak Praperadilan Azman

BANDA ACEH – Upaya mantan bupati Aceh Timur periode 2000-2005, Azman Usmanuddin mencari pembelaan kandas sudah setelah hakim tunggal menolak gugatan praperadilan yang diajukannya. Hakim berpendapat proses penetapan tersangka, penyitaan harta, dan penahanan dirinya dalam kasus korupsi oleh penyidik Kejati Aceh sudah sesuai prosedur.

“Menolak permohonan praperadilan dari tersangka Azman Usmanuddin untuk seluruhnya,” baca hakim tunggal, Akhmad Nahkrowi M SH di Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh, Senin (29/3).

Pelaksana harian (Plh) Kasi Penkum dan Humas Kejati Aceh, M Kadafi SH kepada Serambi kemarin, mengatakan dengan ditolaknya gugatan praperadilan, maka proses hukum terhadap Azman Usmanuddin terus berlanjut. Saat ini, proses hukumnya sudah tingkat penyidikan.

Azman ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara dugaan korupsi bobolnya kas bon Pemerintah Aceh Timur tahun anggaran 2005-2006 sebesar Rp 88 miliar yang bersumber dari dana migas ketika dirinya menjabat bupati. Sebelumnya mantan Bendahara Umum Daerah (BUD) Pemkab tersebut, Jufri, sudah divonis enam tahun penjara atas perkara ini.

Sebelumnya, Azman melalui pengacaranya Muslim SH mengajukan gugatan praperadilan ke PN Banda Aceh. Muslim menilai, penetapan kliennya sebagai tersangka dan penahanannya tidak sah karena hanya berdasarkan foto kopi surat perintah membayar (SPM).

“Bukti yang diajukan merupakan surat foto kopi yang tidak mempunyai nilai pembuktian dan dana yang dimaksud dengan dana migas triwulan IV dalam surat itu, tidak dianggarkan dalam APBD tahun 2005 dan merupakan dana mati,” kata Muslim.

Sehingga Muslim menilai penangkapan dan penahanan Azman cacat materil karena tidak berdasarkan bukti yang cukup. Dia mengatakan bahwa surat foto kopi tidak dapat dijadikan penunjuk. (mas) (uri/syrafi/orat/AG)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Aceh Uri.co.id